Xiaomi Bikin Action Camera, Mau Saingi GoPro?

Baru-baru ini, vendor asal China Xiaomi lagi-lagi bikin berita yang cukup heboh. Setelah sukses dengan ekspansi smartphone Android bertenaga dengan harga murah, sekarang Xiaomi mulai merambah ke pasar action camera atau kamera aksi. Agak aneh ya kalau dibuat jadi Bahasa Indonesia, jadi kita pakai saja istilah action cam. Menurut berita yang beredar, action cam dari Xiaomi ini bernama Yi Action Camera.

Meski merupakan produk pertamanya, Xiaomi kayaknya lumayan serius juga untuk terjun di persaingan action cam yang memang rasanya mulai ramai peminatnya. Bahkan dari berbagai situs yang membandingkan antara produk terbaru Xiaomi ini dengan salah satu pemain pasar action cam kenamaan, GoPro, menyebutkan kalau Xiaomi Yi punya spesifikasi dan kemampuan yang bisa dibilang lebih unggul dan cukup menggiurkan.

harga kamera xiaomi yi action camera

Keunggulan langsung terlihat dari kemampuan Xiaomi Yi Action Camera yang ternyata mampu merekam video beresolusi 1080p dengan kecepatan 60fps. Hal ini lebih baik jika dibandingkan dengan salah satu andalah GoPro, yaitu GoPro Hero, yang merekam video resolusi 1080p hanya dengan kecepatan 30 fps.

Beberapa fitur yang cukup menggiurkan lagi adalah Xiaomi Yi Action Camera ini juga dapat digunakan untuk mengambil foto dengan resolusi 16MP yang cukup berkualitas karena sudah menggunakan sensor kamera SONY CMOS Exmor R BSI. Selain itu, dukungan kapasitas penyimpanan kamera Xiaomi Yi ini juga cukupĀ besar, yaitu 64GB. Meski begitu, dimensi serta bobot yang dimiliki justru lebih kecil dibandingkan oleh GoPro.

Sayangnya, karena masih tergolong baru, kamera yang disebut mampu diajak menyelam hingga kedalaman 40 meter ini belum memiliki banyak aksesoris pendukung seperti rigging dan casing. Enggak seperti GoPro yang sudah memiliki beragam aksesoris untuk digunakan saat kegiatan outdoor. Xiaomi Yi baru memiliki aksesoris berupa tongsis yang termasuk dalam paket penjualannya sendiri. Ini penting banget kalau agan atau aganwati memang mau beli action cam buat keperluan bernarsis ria saat berpetualang šŸ˜€

Untuk harga kamera Xiaomi Yi Action Camera sendiri, sementara ini baru tersedia di gerai resmi Xiaomi di negeri asalnya dengan banderol mulai 399 Yuan atau sekitar 900 ribu rupiah. Bandingkan dengan GoPro Hero yang memiliki banderol sekitar 130 dollar atau kurang lebih Rp 2 jutaan. Sayangnya hingga saat ini belum ada berita yang menyebutkan apakah kamera ini akan dipasarkan juga di negara lain, termasuk di Indonesia. Dengan spesifikasi dan harga yang ditawarkan, harusnya kamera ini dapat menuai sukses mengikuti kesuksesan smartphone Xiaomi di berbagai negara. Gimana, agan tertarik?

Add Comment