WhatsApp Akhirnya Hadirkan Fitur Video Call. Begini Cara Pakainya!

Video Call WhatsApp – Setelah sekian lama ditunggu-tunggu, akhirnya WhatsApp menghadirkan fitur panggilan video atau Video Call pada update versi terbaru mereka. Untuk pengguna WhatsApp di Indonesia sendiri, update terbaru dengan fitur video call ini sendiri sudah mulai dapat dinikmati per tanggal 16 Nopember 2016.

Fitur panggilan video atau video call di WhatsApp sendiri memang sudah cukup lama didengungkan. Mungkin pertama kali mulai terdengar ketika aplikasi chatting serupa yaitu LINE menghadirkan fitur video call untuk pertama kali. Kala itu, pesaing LINE hadir untuk menantang dominasi Skype sebagai penyedia layanan panggilan video yang cukup ternama. Sedangkan WhatsApp sendiri masih berkutat pada panggilan suara (VoIP) yang bahkan belum dapat maksimal karena masih membutuhkan koneksi tinggi.

Namun kini pengguna WhatsApp baik versi Android ataupun iPhone bisa menikmati panggilan video secara langsung untuk WhatsApp versi terbaru. Cara menggunakannya juga cukup mudah untuk dilakukan. Syaratnya hanyalah pengguna yang akan melakukan atau menerima panggilan video harus terlebih dahulu memperbaharui versi WhatsApp yang mereka gunakan.

Cara melakukan panggilan video di whatsapp

Ada sedikit perbedaan antara WhatsApp versi Android dan iPhone ketika akan melakukan panggilan video. Pada WhatsApp versi Android, kamu dapat menekan ikon bergambar telepon yang terletak di bagian kanan atas dari kontak orang yang akan kamu ajak video call. Setelah itu akan muncul menu pilihan Voice Call atau Video Call. Kamu tinggal memilih menu Video Call, maka kamu akan segera tersambung.

Sedangkan pada versi iPhone, ketika membuka kontak orang yang akan kamu telepon, langsung terdapat dua buah ikon yang berbeda. Ikon pertama berbentuk seperti kamera video yang berarti digunakan untuk melakukan panggilan video. Sedangkan ikon satu lagi berbentuk gagang telepon untuk melakukan panggilan suara. Tampilan ini tentu lebih sederhana karena setelah menekan tombol panggilan video, kamu tidak perlu lagi untuk memilih menu antara panggilan video dan panggilan suara.

Dari hasil uji coba yang sudah kami lakukan, panggilan video atau video call yang ditawarkan oleh WhatsApp memiliki fitur yang cukup komplit serta gambar yang jelas. Tapi ini tentu saja sangat bergantung dari koneksi internet yang kamu gunakan. Jika koneksi memang kurang stabil, akan ada peringatan “poor connection” dan sebagainya tergantung masalah apa yang ada sehingga menyebabkan Video Call WhatsApp yang tengah dilakukan menjadi kurang lancar. Namun untuk fitur yang baru saja diberikan, kami mengakui kalau fitur Video Call WhatsApp sudah cukup baik.

Cara Melakukan Video Call WhatsApp

Secara sederhana, cara agar aplikasi WhatsApp kamu dapat melakukan panggilan video atau Video Call adalah sebagai berikut :

  1. Pastikan handphone kamu memiliki koneksi internet yang cukup baik dan stabil
  2. Lakukan update aplikasi WhatsApp ke versi terbaru
  3. Pilih kontak WhatsApp yang akan diajak video call. Buka seperti akan melakukan chatting biasa
  4. Untuk versi Android, pilih ikon berbentuk gagang telepon pada bagian kanan atas informasi kontak. Kemudian pilih Video Call. Sedangkan pada versi iPhone / iOS langsung pilih ikon berbentuk kamera video

Sebagai catatan, panggilan video atau Video Call di WhatsApp ini hanya dapat dilakukan secara individu dan tidak dapat dilakukan di grup. Selain itu, kamu tidak perlu membuka link-link tidak jelas yang beberapa waktu lalu banyak disebarkan di WhatsApp dengan embel-embel ‘invitation’ untuk menggunakan fitur ini.