Tips Untuk Menghemat Kuota Internet Di Android

Paket data pada smartphone Android mungkin bisa dibilang sebagai kebutuhan primer. Jadi wajar rasanya jika kita menggunakan smartphone Android, maka memiliki koneksi internet atau berlangganan paket data adalah sebuah keharusan. Dan untuk beberapa pengguna, mereka juga harus mengirit-irit pemakaian internet agar kuota tidak cepat habis. Karena seperti yang kita tahu, ternyata beberapa aplikasi android yang paling sering digunakan ternyata menjadi penyebab kuota internet cepat habis.

Untuk mengakali agar kuota internet tidak cepat habis, biasanya pengguna mengakali penggunaan internet mereka. Misalnya dengan menggunakan kuota internet hanya untuk mengakses internet ringan. Sedangkan untuk kebutuhan download atau update aplikasi, mereka menggunakan WiFi yang memang saat di perkotaan mudah untuk didapatkan di mana saja.

Namun karena tidak selamanya kamu bisa terkoneksi dengan WiFi, maka ada beberapa cara lain yang bisa kamu lakukan untuk menghemat kuota internet android kamu. Berikut ini sedikit tips yang mungkin patut dicoba!

Tips Menghemat Kuota Internet Android

#1 Gunakan Browser Yang Dapat Menghemat Kuota
Saat ini sudah ada beberapa pilihan browser yang dapat kamu gunakan untuk mengakses internet melalui Android. Dan diantara pilihan tersebut, ada beberapa browser yang terbukti dapat menghemat pemakaian kuota internet kamu. Diantaranya adalah Opera Mini dan Google Chrome.

Khusus untuk Google Chrome, agar kuota yang terpakai lebih kecil, maka kamu harus terlebih dahulu mengaktifkan fitur Data Saver yang ada. Caranya cukup mudah kok. Kamu cukup membuka aplikasi Google Chrome, lalu masuk ke menu Settings dan pilih untuk mengaktifkan Data Saver. Dengan demikian, maka Google Chrome akan menyajikan halaman web yang kamu akses dengan versi yang lebih ringan!

#2 Batasi Kualitas Streaming
Saat ini kita sudah bisa melakukan streaming musik dan juga video melalui smartphone Android. Contohnya adalah dari YouTube, Netflix atau juga Spotify. Tapi dengan streaming tersebut, maka kamu tentu akan membutuhkan kuota internet yang lebih besar lagi.

Untuk membatasi atau membuatnya sedikit lebih ramah kuota, maka kamu bisa mengatasinya dengan cara membatasi kualitas streaming yang kamu lakukan. Misalnya dengan membuat streaming video tidak perlu di ukuran maksimal fullHD, atau mendengarkan musik pada level kualitas normal saja. Hal yang perlu diingat adalah semakin tinggi kualitas musik dan video yang kita streaming, maka semakin besar kuota yang terpakai!

#3 Hapus Aplikasi Facebook
Untuk yang sudah berpengalaman di dunia Android atau bahkan smartphone lainnya, tentu sudah sangat paham kalau aplikasi Facebook ternyata memakan kuota sekaligus baterai. Tidak hanya membuat kuota cepat habis, ternyata aplikasi Facebook yang terpakai akan membuat baterai lebih boros. Ini karena aplikasi terus berjalan pada background.

Tapi jelas muncul pertanyaan, “lalu bagaimana mau Facebook-an nih kalau dihapus?”. Sebenarnya mudah saja, kamu tinggal mengakses Facebook melalui browser yang ada. Apalagi jika browser kamu sudah disetting untuk hemat kuota. Tentu pemakaian internet kamu tetap terjaga.

#4 Sinkronisasi Seperlunya Saja
Smartphone android diaktifkan dengan menggunakan layanan akun Google. Dan begitu kamu menggunakan akun Google pada smartphone Android kamu, maka ponsel itu akan melakukan sinkronisasi data ponsel ke akun Google secara online. Dalam hal ini, sinkronisasi dilakukan secara keseluruhan. Mulai dari backup contact, settingan ponsel dan akun-akun internet, Google Calender dan yang paling banyak memakan kuota adalah Google Photos. Yups, Google akan mengunggah semua foto yang ada di ponsel kamu ke akun Google Photos kamu di internet sebagai backup!

Oleh karena itu, kalau mau internet android kamu lebih hemat, maka pastikan kamu membatasi sinkronisasi data ini seperlunya saja. Misalkan, hanya melakukan sinkronsiasi contact saja. Cukup sesuai kebutuhan kamu.

Hal ini juga ternyata berlaku untuk beberapa merk dan fitur ponsel. Contohnya adalah ponsel Xiaomi dengan Mi Account. Jika tidak dibatasi, maka ponsel Xiaomi juga akan melakukan sinkronisasi foto dan video di ponsel kamu ke akun Cloud Mi kamu!

#5 Simpan Musik dan Video di Ponsel
Kalau kamu ternyata memang sering melakukan streaming berulang kali, apalagi pada hal yang sama, ada baiknya untuk mengunduh saja file tersebut dan simpan di memori ponsel kamu. Misalnya suka mendengarkan musik album artis A, atau menonton video klip musik artis B, lebih baik unduh saja agar kamu bisa menonton berulang kali tanpa harus melakukan streaming yang memboroskan kuota internet.

Itulah tips menghemat kuota internet android yang bisa kamu coba. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.