Tips Untuk Memilih Kamera Yang Tepat dan Sesuai

Tips Memilih KameraKamera saat ini sudah seperti menjadi kebutuhan setiap orang. Jika dahulu kamera identik dengan bentuknya yang cukup besar, dan membutuhkan dana lebih untuk membeli roll film, maka tidak demikian dengan sekarang. Kamera semakin beragam, dengan berbagai bentuk dan fitur.

Jika anda ingin membeli kamera, maka ada baiknya mengetahui beberapa kriteria dan tujuan anda. Hal ini bermanfaat agar uang yang anda keluarkan tidak sia – sia, apalagi sampai berfikir telah salah membeli kamera. Berikut adalah beberapa tips jika anda ingin membeli kamera, apapun jenisnya.

Buat Batasan Budget
Budget adalah hal pertama yang patut diperhatikan ketika anda akan membeli sebuah barang. Begitu pula ketika anda akan membeli sebuah kamera, anda harus terlebih dahulu menentukan batasan atau range budget yang anda miliki. Hal ini sangat penting, agar anda tidak sampai berbelanja melebihi batas yang telah anda tentukan sendiri.

Jika anda sudah memiliki batasan budget untuk membeli kamera, maka anda dapat mengelompokkan pilihan – pilihan yang ada dalam range harga tersebut. Pilihan ini dapat terdiri dari berbagai jenis kamera, tergantung dari kebutuhan anda sendiri.

Pahami Tujuan Anda Membeli Kamera
Ada banyak alasan orang membeli sebuah kamera. Ada yang karena ingin mendalami hobi fotografi, ada yang ingin mengabadikan setiap moment, ada pula yang membeli untuk kebutuhan traveling. Meski setiap kamera mampu memenuhi semua kebutuhan, tak ada salahnya memilih kamera yang lebih spesifik. Tujuannya adalah kembali menghemat budget, dan mempermudah anda sendiri.

Contohnya adalah jika untuk hobi, tentu kamera DSLR lebih dianjurkan. Namun jika untuk traveller yang malas membawa kamera besar, tetapi butuh fitur lengkap, kamera mirrorless adalah pilihannya. Dan jika anda ingin membeli kamera karena ingin berlibur di pantai, atau berenang bersama keluarga, maka kamera pocket waterproof adalah pilihan yang paling tepat.

Kamera tahan air olympus

Salah satu kamera waterproof Olympus (cek harga terbaru)

Pelajari Spesifikasi dan Review Kamera
Terkadang membaca review kamera yang banyak bertebaran adalah hal yang menguntungkan. Selain untuk mengetahui performa kamera tersebut, anda jadi dapat membandingkan dengan pilihan kamera lainnya. Hal ini akan membantu anda agar tidak terpaku pada satu jenis kamera tertentu, sehingga membuat anda ‘terpaksa’ memilih kamera tersebut.

Demikian beberapa tips memilih kamera yang tepat dan sesuai kebutuhan anda. Terakhir, ketika anda sudah memutuskan akan membeli kamera jenis apa, ada baiknya untuk melakukan ‘survey pasar’. Hal ini tentu untuk membantu anda mendapatkan harga terbaik saat membeli kamera. Karena beda toko, biasanya memberikan harga dan bonus yang berbeda pula.

Semoga Bermanfaat.

Add Comment