Tips Menyimpan Kamera dan Lensa DSLR

Kamera DSLR beserta perlengkapannya bukanlah sesuatu yang murah. Oleh karena itu, maka kita harus berhati – hati merawat perlengkapan kamera kita. Begitu pula untuk penyimpanannya, kamera DSLR dan aksesorisnya tidak boleh disimpan sesuka kita. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Hal yang paling utama, dan banyak menjadi masalah bagi pemilik kamera adalah masalah kelembaban. Penyimpanan kamera di daerah yang terlalu lembab, dapat menyebabkan kerusakan komponen elektronik pada kamera. Namun kasus tersebut terbilang jarang terjadi. Yang paling dikhawatirkan adalah munculnya jamur pada kamera dan lensa anda.

Jamur dapat muncul pada permukaan lensa atau sensor kamera yang terus menerus disimpan pada udara yang terlalu lembab. Jika optik lensa atau sensor kamera sudah terkena jamur, maka akan sangat sulit untuk membersihkannya. Memang ada banyak jasa yang dapat membersihkan jamur, namun harga yang harus dibayar juga tidaklah murah. Bahkan bisa sangat mahal jika yang terinfeksi jamur adalah kamera atau lensa dengan tingkat kesulitan tinggi untuk dibersihkan.

menghilangkan jamur lensa kamera dslr

Melihat alasan diatas, bukan berarti tingkat kelembaban rendah adalah tempat yang baik untuk menyimpan kamera. Menyimpan kamera dan lensa di tempat yang kering akan mengakibatkan mekanis pada lensa atau kamera menjadi kering dan seret (tidak smooth). Dan untuk beberapa kamera tau lensa yang memiliki karet sebagai bahan, misal sambungan antar bagian, atau penutup ring fokus, disimpan di tempat kering terlalu lama dapat mengakibatkan karet tersebut menjadi “getas” sehingga mudah rusak.

Menurut beberapa tulisan dari para ahli, tempat menyimpan kamera terbaik adalah pada ruangan dengan kelembaban sekitar 35 – 50 RH (Relative Humidity). Hal ini juga tergantung dengan perlengkapan anda, biasanya tiap perlengkapan memiliki “operating range” yang berbeda. Namun mayoritas penulis dan fotografer senior menyarankan untuk menyimpan kamera dengan kelembaban di rentang angka tersebut.

Cara Menyimpan Kamera DSLR

Ada beberapa cara agar dapat menyimpan kamera pada kelembaban yang tepat. Cara yang paling mudah adalah dengan membeli dan menggunakan Dry Cabinet khusus untuk menyimpan kamera dan alat elektronik lainnya. Namun harga Dry Cabinet ini terbilang mahal. Bagi kita yang menjadikan fotografi sebagai hobi, uang yang ada tentu lebih kita pilih untuk membeli lensa dibanding membeli Dry Cabinet.

dry box kamera murahCara berikutnya yang lebih murah adalah dengan membeli Dry Box kamera. Biasanya dry box ini berwarna transparan, dan terdapat ‘meteran’, atau hygrometer yang menunjukkan tingkat kelembaban udara dalam box tersebut. Untuk dapat mengontrol kelembaban dalam Dry Box, anda dapat menggunakan rechargeable silica gel yang banyak dijual bebas.

Terakhir adalah dengan membuat sendiri kotak penyimpanan kamera anda. Jika anda tidak masalah untuk sedikit repot, maka anda dapat membuat kotak penyimpanan kamera dengan menggunakan kotak Tupperware dan sejenisnya yang kedap udara, hygrometer / alat pengukur kelembaban (bentuknya seperti thermometer), dan rechargeable silica gel.

Itulah beberapa cara menyimpan kamera DSLR yang benar. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Baca Juga Postingan Berikutclose