Tips Mengatasi Kebosanan Belajar Fotografi Untuk Pemula

Saat di awal perjalanan kita belajar fotografi, tentu ada masa – masa dimana kita merasa bosan dan jenuh. Bisa jadi karena bosan karena tidak ada object yang kita anggap menarik, tidak ada teman hunting foto hingga malas karena terbentur kesibukan lain. Namun sebagian besar pemula di bidang fotografi ini mengalami kebosanan karena hal yang sama, yaitu selalu gagal membuat foto yang menurut mereka bagus.

Saya sendiri pernah mengalami kebosanan tersebut, foto yang dihasilkan selalu flat, kurang menarik dan akhirnya tidak pernah puas. Kesalahan saya adalah bukan memperbaiki ilmu dan praktek fotografi agar dapat memperoleh rasa puas dari foto yang dihasilkan, namun malah berhenti menggunakan kamera.

Oleh karena itu, saya diberi berbagai masukan dan tips yang diberikan teman – teman yang sudah cukup berpengalaman dan mahir menggunakan kamera. Masukan – masukan tersebut berupa tips agar semangat belajar fotografi dan menyingkirkan rasa bosan yang menyerang. Tips tersebut akan saya coba tuliskan disini agar dapat kita sama – sama praktekkan.

tips atasi bosan belajar fotografi pemula

Bergabung Dengan Komunitas
Komunitas adalah satu tempat yang sangat baik untuk menambah motivasi kita belajar fotografi. Di komunitas tersebut, kita dapat saling berbagi tips, informasi dan ilmu baru tentang dunia fotografi. Bahkan di beberapa komunitas sering mengadakan event street galery, dimana mereka memajang foto karya mereka untuk dinilai atau dikritik oleh sesama anggota komunitas hingga orang awam. Dengan cara ini, kita bisa tahu dimana keunggulan dan kelemahan yang harus kita perbaiki.

Lakukan Eksplorasi Genre Fotografi Kita
Ada banyak genre dalam fotografi, mulai dari model, macro, street, landscape, city, HI dan berbagai genre lainnya. Cobalah eksplorasi genre – genre yang dapat anda lakukan, dan mungkin ada teman untuk mencoba genre tersebut. Ketika anda sudah menemukan passion anda di salah satu genre, maka anda dapat mengeksplorasi habis – habisan kemampuan anda di genre tersebut.

Saya punya seorang teman yang awalnya sangat berminat di bidang landscape, namun karena terbatas lokasi, dia akhirnya mencoba bermain HI dan candid. Akhirnya dia malah sukses menjadi salah satu fotografer candid dan HI yang cukup terkenal di forum – forum dan social media.

Ikut Berkompetisi
Kompetisi tidak melulu sesuatu lomba fotografi besar dengan hadiah yang sangat wah. Kompetisi bisa berupa kompetisi ringan dalam komunitas dengan tema tertentu. Biasanya dalam sebuah komunitas online, sering mengadakan lomba fotografi secara periodik dengan tema tertentu. Tujuannya adalah untuk memacu kreatifitas dan saling memberi kritik serta masukan untuk sesama anggotanya.

Jangan “Gear Minded”!
Agak aneh bahasanya, saya kurang tahu apa istilah yang benar. Maksudnya disini jangan pernah punya pemikiran anda tidak bisa menghasilkan sebuah foto karena tidak punya gear yang mendukung. Hal ini hanya akan membuat anda menjadi seorang penggemar gear fotografi. Meski gear seperti lensa, filter dan lainnya memang sangat membantu, tapi bukan alasan untuk tidak menciptakan sebuah foto.

Itu beberapa tips yang saya dapat dari rekan – rekan fotografer di komunitas yang saya ikuti. Semoga bermanfaat!

Add Comment