Tips Memperbaiki Exposure Foto Landscape Anda

Membuat foto landscape yang baik memang cukup sulit, khususnya untuk pemula seperti saya. Salah satu masalah yang sering kali dihadapi adalah exposure yang tidak merata. Pada bagian langit atau background foto terlalu terang sehingga menjadi putih, atau pada bagian foreground yang terlalu gelap.

Untuk itu, ada beberapa tips agar anda dapet memperbaiki exposure foto landscape anda. Tujuannya jelas, yaitu membuat foto landscape dengan exposure yang lebih baik.

Belajar Memahami Exposure
Hal pertama yang perlu dilakukan adalah anda harus belajar memahami apa itu exposure dalam fotografi. Saya pernah menuliskannya di awal blog ini saya buat. Anda dapat melihat langsung ke postingan : belajar exposure fotografi.


memperbaiki exposure foto landscape

Pilih Waktu Yang Tepat
Menurut para fotografer landscape, khususnya yang senior, waktu yang tepat untuk foto landscape adalah sesaat setelah matahari terbit atau sesaat sebelum matahari terbenam. Ini dikarenakan pada saat itu sinar matahari tidak terlalu keras seperti pada siang hari. Dengan demikian, sinar matahari akan mampu ‘memaparkan’ tiap objek yang akan anda foto dengan lebih baik.

Pergunakan Filter GND
Beberapa waktu yang lalu, saya pernah menuliskan tentang jenis dan fungsi filter fotografi. Salah satu yang filter tersebut adalah filter Gradual Neutral Density, atau filter GND. Filter GND memiliki separuh bagian memiliki warna gelap, dan separuh lagi memiliki warna putih bening. Fungsinya adalah untuk mengimbangi eksposure foto landscape anda.

Cara penggunaannya cukup mudah. Hanya dengan menempatkan filter pada posisi depan lensa, dengan menempatkan bagian yang gelap pada objek foto yang lebih terang. Biasanya bagian yang gelap digunakan untuk menutup langit, agar memiliki exposure yang sama dengan foreground foto.

Itulah beberapa tips memperbaiki exposure foto landscape anda. Kritik dan saran, silahkan tuliskan di kolom komentar. Semoga bermanfaat.
Ilustrasi gambar : Marthony Mandra

No Responses

Add Comment