Tips Memotret Cityscape Agar Lebih Menarik

Memotret cityscape, atau pemandangan perkotaan adalah salah satu objek fotografi yang paling menarik. Dengan cara yang tepat, kita dapat menyajikan bagaimana keindahan tata kota yang ciamik dengan view yang menawan dalam ebuah foto. Tak hanya kota yang ciamik, beberapa fotografer bahkan dapat menyajikan kemacetan dan kondisi kota yang terendam banjir menjadi sebuah foto yang mengagumkan.

Untuk dapat memotret tampilan perkotaan, atau cityscape dan menghasilkan foto yang memuaskan bagi kita sendiri atau bagi orang lain, ada baiknya memperhatikan beberapa hal dan tips berikut.

tips memotret cityscape malam hari

foto : wallpoper.com

Lakukan Riset Lokasi
Beberapa lokasi favorit cityscape memang biasanya tidak memerlukan akses dan izin khusus. Contohnya saja Marina Bay Singapura, Bundaran HI dan banyak tempat-tempat lainnya. Namun tidak ada salahnya untuk terlebih dahulu melakukan riset lokasi atas kota yang akan kita kunjungi.

Riset bisa kita lakukan untuk mengetahui contoh-contoh foto cityscape dari kota yang kita tuju, lokasi pengambilan dan juga cara mencapai lokasi tersebut. Jika masih belum mengetahui cara mengambil foto cityscape dengan baik, riset juga berguna untuk ‘mencontek’ cara mengambil foto dan setingan kamera yang digunakan. Seperti kata entrepreneur, amati-tiru-modifikasi!

Siapkan Lensa Yang Tepat
Memotret cityscape tak melulu harus lensa wide atau lensa lebar seperti kebanyakan landscape. Memang lensa wide sangat baik karena dapat merekam semua yang kita inginkan dalam satu frame. Tapi jangan lupakan juga adanya unsur distorsi dalam lensa wide. Hal tersebut dapat membuat gedung yang kita rekam ke dalam foto menjadi miring.

Selain itu, membawa beberapa pilihan lensa dapat membantu saat kita ingin mengambil foto dengan sudut pandang yang berbeda-beda. Misalkan saat ingin mengambil close-up salah satu bangunan yang menarik, maka lensa tele atau lensa fix akan sangat berguna. Atau ketika ingin menampilkan sesuatu yang berbeda, banyak pula fotografer yang menggunakan lensa fish-eye. Intinya, jangan terpaku dengan lensa tertentu saja.

Pilih Waktu Yang Tepat
Memotret itu sesuatu yang sangat erat kaitannya dengan waktu. Perhatikan kondisi kota dan objek yang akan kita foto. Musim apa di sana, apakah lebih baik pagi hari, siang atau malam hari, bagaimana kondisi lampu-lampu di sekitarnya dan lampu gedung saat malam. Belum lagi bagaimana keramaian dan antrian orang yang ingin memotret di lokasi tersebut. Semua unsur tersebut perlu diperhatikan agar kita dapat memperoleh hasil foto yang maksimal.

Pahami Dasar Memotret
Ini adalah tips dasar dalam belajar fotografi. Ketika memotret cityscape, maka kita harus tahu apa saja setingan dan alat bantu yang kita butuhkan. Tidak ada yang baku disini, semua sesuai kebutuhan kita saja. Setingan juga kita bisa lakukan sendiri. Namun perhatikan, jika memotret sore atau malam hari dimana kita akan menggunakan aperture sempit, maka kita akan memperoleh speed yang lambat. Maka dari itu, kita butuh tripod. Intinya, pelajari dan persiapkan dengan matang.

Perkuat Komposisi
Komposisi adalah hal yang sangat menentukan keindahan dalam foto yang kita hasilkan. Ada banyak cara untuk membuat komposisi dalam foto cityscape kita menarik, pelajari dengan baik. Jika masih kurang paham, maka pelajari komposisi dari foto-foto yang sudah dibuat fotografer lainnya. Perhatikan penempatan objek, foreground, background, rule of third dan lainnya.

Add Comment