Tips Membuat Foto Hitam Putih Dramatis Untuk Pemula

Tips Fotografi – Foto hitam putih, atau ada juga yang menyebutnya sebagai monochrome, memang tak pernah kehilangan peminat. Bisa dibilang, di setiap acara hunting fotografi, selalu ada saja yang menghasilkan foto dengan nuansa hitam putih. Dan tentu saja penikmatnya juga tidak sedikit.

Untuk membuat sebuah foto hitam putih yang dramatis, memang tidak bisa dikatakan mudah. Selain harus didukung dengan pemahaman teknik dasar fotografi, kita juga dituntut untuk dapat menangkap momen dengan tepat dan memiliki sudut pandang yang kritis. Perpaduan semuanya, ditambah dengan kontras warna hitam dan putih akan menghasilkan foto hitam putih yang menawan.

Diambil dari beberapa sumber, berikut ini beberapa tips foto hitam putih yang mungkin dapat dicoba untuk menghasilkan foto hitam putih dramatis sesuai keinginan.

Tips Buat Foto Hitam Putih Dramatis Terbaik

ilustrasi: newzealandscapes.co.nz

#1 Semua genre fotografi bisa dibuat dengan foto hitam putih dramatis. Hanya saja tidak semua objek foto bisa dijadikan bernuansa hitam putih. Umumnya, objek dengan tekstur, pola atau perbedaan bentuk yang signifikan dapat menghasilkan foto hitam putih yang lebih menarik. Semakin kuat tekstur dari objek, maka semakin menarik pula hasilnya karena akan membentuk garis atau menciptakan kedalaman dari sebuah foto. Dan semakin rata atau monoton sebuah objek, maka akan semakin flat atau kurang kuat pula aura hitam putih yang dihasilkan.

#2 Pencahayaan selalu ikut andil sebagai kunci kesuksesan dari sebuah foto. Untuk mendapatkan foto hitam putih yang dramatis, sangat dianjurkan untuk mengambil foto saat memperoleh kondisi sidelighting atau pencahayaan dari samping. Foto dengan objek yang memiliki bayangan yang jatuh karena sidelighting selalu tampak menarik dan dramatis. Jika di Indonesia, kondisi cuaca seperti ini dapat diperoleh saat pagi atau sore hari. Selain itu, kamu juga bisa mencoba untuk menaikkan sedikit eksposure agar memperoleh hasil foto yang lebih kontras.

#3 Penggunaan ISO memang sangat berpengaruh dengan foto yang dihasilkan. Sebagian orang menganggap foto dengan noise yang dihasilkan dari ISO tinggi memiliki nilai artistik. Namun sebagian lagi menganggap foto hitam putih yang bening dan tajam lebih menarik. Ini memang soal selera saja. Namun begitu, tak ada salahnya untuk menggunakan ISO serendah mungkin. Hal ini dikarenakan noise bisa saja ditambahkan dengan software komputer. Namun noise yang muncul karena ISO tinggi sulit untuk dihilangkan.

Baca Juga: Apa itu ISO Dalam Fotografi

#4 Kontras merupakan bagian yang memegang peranan penting untuk menciptakan foto hitam putih yang baik. Namun tentu saja ini kembali lagi ke soal selera. Ada foto yang tampak dramatis dengan kontras tinggi, namun ada pula foto hitam putih yang tampil lebih menarik dengan kontras yang rendah. Hal ini akan dipengaruhi oleh objek foto dan mood dari fotografer yang mengambil atau mengolah foto itu nantinya. Dengan latihan yang cukup, biasanya fotografer akan memiliki style sendiri dalam menentukan kontras foto hitam putih yang mereka buat.

#5 Tips terakhir selalu sama, perbanyak latihan untuk mendapatkan style kita sendiri. Dengan banyak mengambil foto dan menjadikannya foto hitam putih, baik langsung di kamera atau di komputer melalui software, kita akan menemukan mood dan style kita sendiri. Sehingga nantinya kita sudah lebih terlatih untuk menghasilkan foto hitam putih terbaik yang kita sukai.