Tips Main Game Clash Royale Untuk Pemula

Main game Clash Royale memang bikin penasaran. Kalau kita bisa menang, rasanya senang bukan kepalang. Tapi giliran kalah, malah bikin penasaran. Akhirnya, kita jadi makin ketagihan buat terus main game tower defense dari Supercell ini.

Secara sederhana sih, game Clash Royale ini bisa dimenangkan dengan cara menghancurkan tower lawan. Untuk mencapai tujuan tersebut, kita bakal dikasih kartu-kartu karakter yang akan berubah jadi pasukan atau karakter. Pasukan ini yang kemudian akan menghancurkan tower lawan.

Masalahnya, lawan kita juga adalah ‘human’ atau orang yang juga memainkan game Clash Royale. Jadi bukan lawan AI atau komputer. Selain menyerang, kita juga harus sibuk bertahan dari serangan lawan yang tentunya juga mengantisipasi setiap serangan kita. Jadi istilahnya, game ini memang mirip dengan main catur. Hanya saja serangannya bisa lebih bervariasi, tergantung dari kartu karakter dan levelnya.

Untuk yang masih baru mulai main game Clash Royale, pada awalnya memang agak membingungkan dan cukup sulit. Apalagi untuk menaikkan level kartu atau mencari gold. Maka dari itu, berikut ini sedikit tips buat kamu yang baru akan mulai main game Clash Royale, supaya bisa lebih mudah untuk memenangkan permainan!

Tips bermain Clash Royale Agar Menang

#1 Gabung Dengan Clan Aktif
Game ini memang masih bersifat individu, one-by-one battle dan belum ada clan war seperti di pendahulunya Clash of Clan. Tapi keberadaan clan di game Clash Royale ini sangat penting. Terutama kalau kamu mau meningkatkan level kartu dengan cepat plus mendapatkan gold dengan mudah. Ingat, setiap kita memberi kartu ke teman clan, kita akan mendapatkan sejumlah gold.

Pilihlah clan yang anggotanya aktif. Baik itu rajin saling bertukar kartu, atau juga chat memberi masukan strategi kartu. Di clan, kamu juga bisa melakukan ‘friendly battle’ untuk mengetes kemampuan susunan deck kartu kamu sebelum terjun ke pertempuran sesungguhnya.

#2 Berjalan Ke Atas!
Enggak sedikit orang yang betah bermain di arena rendah karena alasan di arena atas selalu ketemu lawan yang sulit dikalahkan. Sehingga mereka dengan sengaja mengalah dan bertahan pada level trophy dan arena tertentu.

Padahal itu adalah cara yang kurang tepat. Di arena atas, kamu akan mendapatkan free chest, crown chest dan juga winning chest (silver, gold, giant chest dll) dengan isi yang lebih banyak. Baik itu dari jumlah gold, jumlah kartu sampai peluang mendapatkan kartu epic atau bahkan legendary. Jadi sekali lagi, jangan tahan trophy kamu. Naik setinggi yang kamu bisa. Anyway, kalau belum tahu, coba deh baca tulisan tentang kartu Legendary game Clash Royale.

tips deck kartu terbaik clash royale

#3 Bagi Susunan Kartu Dengan Baik
Secara umum, karakter di Clash Royale itu bisa dibagi menjadi beberapa bagian. Ada yang tanker untuk jadi pengalih perhatian, ada yang penyerang tower cepat, ada juga tower defense atau bahkan spell. Nah, dari semua jenis kartu itu, bawalah susunan terbaik yang cocok dengan karakter bermain kamu. Sedikit saran sih, pilih sedikitnya 1 karakter tanker, 2 karakter yang kuat untuk attack dan defense serta 1 spell untuk musuh yang merepotkan. Contoh spellnya adalah arrow atau poison.

#4 Selalu Hitung Elixir Kamu
Setiap kita menaruh kartu, maka kita akan menggunakan sejumlah elixir dari kapasitas yang ada. Maka dari itu, selalu hitung dengan baik elixir yang kamu butuhkan setiap kali kamu akan melakukan kombinasi kartu. Misal jika akan menyerang dengan kartu A dan B, maka kamu membutuhkan 12 elixir. Berarti kamu harus menunggu elixir penuh hingga 10 dan meletakkan kartu pertama agak ke belakang. Sehingga kartu kedua bisa digunakan sebelum kartu pertama masuk area lawan!

Selain itu, perhitungkan pula sisa elixir untuk menghadapi serangan balik lawan. Jadi jangan biarkan elixir kamu benar-benar kosong tanpa perhitungan dan persiapan.

#5 Upgrade Kartu Penting Saja
Kartu di game Clash Royale didapatkan dengan tiga cara. Pertama dari buka peti, kedua dari bertukar kartu dan ketiga dengan membeli. Kebanyakan pemula mendapatkan kartu dengan cara pertama dan kedua saja. Karena gold lebih sering digunakan untuk upgrade kartu nantinya.

Nah kalau melakukan upgrade, sebaiknya lakukan pada kartu yang sering digunakan saja. Kalau kartu yang tidak terpakai, meski kamu punya banyak, tidak usah di upgrade dulu. Kecuali kamu kelebihan gold. Ini penting, karena biasanya kartu-kartu yang enggak kita pakai justru kita dapatkan paling banyak!

#6 Jangan Emosi
Tips terakhir, mainnya harus sabar, responsif dan jangan pakai emosi. Apalagi kalau langsung turunkan pasukan tanpa perhitungan. Lakukan serangan secara bertahap, dan antisipasi serangan musuh dengan tepat. Dalam satu menit awal permainan, kita akan tahu kartu lawan dan bisa mulai perlahan mengkombinasikan pertahanan dan menyiapkan pertahanan!

Itulah sedikit tips bermain Clash Royale untuk pemula yang mungkin bisa kamu coba. Berikutnya, akan di update kalau ada tambahan ya. Selamat bermain!