Tips Fotografi Saat Travelling

Fotografi travel mungkin bukanlah sebuah kategori yang mengkhususkan untuk mengambil foto dengan jenis tertentu. Umumnya, saat travelling maka orang akan merekam semua objek dan momen yang menurut mereka terasa menarik dan sayang untuk dilewatkan. Maka dari itu, fotografi travel akan menggabungkan semua jenis kategori dalam fotografi. Mulai dari foto landscape, city scap, human interest, food photography dan lainnya.

Salah satu keutamaan dari fotografi travelling adalah membuat foto yang mampu menceritakan apa yang kita lihat dan rasakan saat sedang melakukan perjalanan. Dengan demikian, kita sebagai pengambil gambar serta orang lain yang melihat hasil foto kita, dapat membayangkan apa yang kita alami dan rasakan saat mengambil gambar tersebut. Hal ini juga nantinya akan menjadi referensi perjalanan bagi orang yang menganggap foto yang kita buat itu cukup menarik.

Untuk dapat membuat foto yang mampu menceritakan dengan baik kisah perjalanan kita, maka berikut ini beberapa tips fotografi yang mungkin bisa dipraktekkan agar dapat membuat foto travelling yang menarik.

Tips Fotografi Travel Pemula

ilustrasi : gapyear.com

Pertama, siapkan alat fotografi yang lebih ringan dan memiliki sifat all-rounder. Saat melakukan perjalanan, kita tidak tahu kapan akan membutuhkan lensa yang lebar atau lensa tele yang dapat melakukan zooming terhadap object. Selain itu, membawa peralatan fotografi yang banyak dan berat akan membuat kita cepat merasa lelah dan malas untuk melakukan eksplorasi lebih.

Kedua, buatlah daftar perjalanan tempat tujuan yang ingin anda kunjungi di lokasi perjalanan. Dengan cara ini, anda dapat merekam semua objek dan keindahan dari tempat tujuan perjalanan anda tanpa khawatir ada yang terlewatkan.

Ketiga, cari referensi fotografi tempat tujuan perjalanan tersebut. Jika anda masih kurang percaya diri untuk mengambil foto yang baik, tidak ada salahnya untuk mencari beberapa referensi sebagai contoh foto-foto yang dihasilkan di tempat tujuan perjalanan tersebut. Cara ini sangat dianjurkan agar anda memiliki ide awal memotret di lokasi. Selanjutnya, ide ini nanti akan anda eksplorasi lebih jauh dengan kreatifitas anda sendiri.

Keempat, bawalah kartu memori dengan kapasitas besar. Saat memotret dalam perjalanan, ada saat dimana anda harus mengambil banyak gambar yang sayang kalau terlewatkan. Jika anda sibuk memotret-melihat-menghapus foto yang kurang anda suka dari memori, maka anda akan kehilangan momen. Lakukan hal tersebut nanti saja saat anda sudah memiliki waktu senggang atau tiba di hotel. Opsi lain, bawalah kartu memori cadangan untuk pengganti.

Kelima, pahami kondisi tempat tujuan. Kondisi disini dapat berarti kondisi cuaca untuk mempersiapkan kamera, serta kondisi sosial untuk memperhatikan kesantunan saat mengambil gambar. Contohnya adalah saat mengambil object gambar aktifitas masyarakat lokal. Di beberapa daerah, mengambil gambar tanpa izin mereka bisa saja menjadi masalah. Maka dari itu, kenali dengan baik lokasi tujuan perjalanan anda sebelumnya.

Keenam, buatlah catatan kecil tentang object yang anda foto jika anda merasa membutuhkan. Misalkan saat mengambil object bangunan yang menjadi ikon sebuah lokasi, maka carilah informasi tentang bangunan tersebut. Cara ini efektif untuk membuat foto anda lebih bercerita dan membantu anda mengeksplor wawasan apabila suatu saat anda ingin menuliskannya.

Itulah beberapa tips fotografi travel yang mungkin perlu anda perhatikan. Semoga bermanfaat.

Add Comment