Tips Fotografi Dengan Kamera Handphone

Saat ini, handphone tidak lagi sekedar alat komunikasi untuk menelpon atau mengirim SMS. Namun sekarang handphone sudah memiliki fungsi yang semakin beragam dan komplit, untuk berinternet, mengirim email, mendengarkan musik, atau menonton video. Dan fitur yang tidak ketinggalan adalah kamera.

Hampir semua handphone saat ini sudah dilengkapi fitur kamera, khususnya smartphone. Dengan adanya kamera pada handphone, maka hobi fotografi anda dapat dilakukan kapan saja dimana saja. Meski beberapa handphone memiliki kamera dengan kemampuan yang menawan, namun mayoritas kamera handphone hanya ‘apa adanya’. Masih belum dapat dibandingkan dengan kamera digital pada umumnya, apalagi kamera DSLR.

Untuk itu, ada beberapa tips untuk memaksimalkan hasil foto dengan kamera handphone anda.

Tips Fotografi Kamera Handphone

Gunakan Resolusi Yang Paling Baik
Jika anda mengambil foto dengan kamera handphone, biasanya terdapat fitur resolusi yang ingin kita gunakan. Dari beberapa sumber dan pengalaman, gunakan resolusi maksimal dari kamera handphone anda untuk memperoleh hasil yang terbaik. Resolusi tinggi tentu akan menghasilkan gambar yang lebih baik, dan sekiranya diperlukan tentu dapat dicetak dalam ukuran besar.

Ambil Foto pada Kondisi Cahaya Yang Baik
Kelemahan pada kamera handphone biasanya terletak pada kemampuan merekam gambar pada kondisi lowlight. Oleh karena itu, usahakan untuk mengambil foto pada objek dengan cahaya yang memadai. Semakin baik cahaya yang menerangi, maka semakin baik pula kemampuan kamera handphone anda merekam gambar.

Jangan Pergunakan Zoom Digital
Kamera handphone umumnya mampu melakukan zoom ketika mengambil objek foto. Namun zoom pada kamera handphone tentu berbeda pada kamera digital, apalagi SLR. Fitur zoom pada kamera handphone biasanya bersifat digital. Sehingga ketika melakukan zoom, hasil foto cenderung menjadi pecah dan tidak tajam.

Pergunakan Alat Bantu Yang Dibutuhkan
Jika anda memang tertarik menghasilkan foto dengan menggunakan handphone, maka tak ada salahnya menggunakan beberapa alat bantu. Tentu alat bantu ini sesuai dengan kebutuhan anda saja, misal mini tripod untuk handphone yang sudah banyak di pasaran. Atau jika memang perlu, saat ini terdapat pula lensa khusus untuk kamera handphone.

Lensa Untuk Kamera Handphone

Pergunakan Aplikasi Tambahan
Aplikasi fotografi pada smartphone sekarang sudah banyak dan dapat anda unduh secara gratis. Sebut saja Instagram, Aplikasi Panorama dan aplikasi yang dapat mengatur shutter speed. Namun kebutuhan akan aplikasi adalah subjektif, tidak sedikit pula orang yang suka menambah efek foto di handphone. Mereka lebih suka mengedit di komputer saja.

Itu adalah beberapa tips fotografi kamera handphone yang dapat saya tuliskan. Salah satu tips lagi adalah jangan lupa memperhatikan kapasitas memori handphone anda. Jangan sampai anda kehilangan momen, karena tidak sadar memori handphone anda telah penuh terisi.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

One Response

  1. bocah July 22, 2013

Add Comment