Tips Fotografi : Belajar Foto Konser Musik Untuk Pemula

Beberapa waktu lalu, saya memposting beberapa foto panggung hasil dari event di kampus saya. Memang belum bisa dibilang baik, tapi buat saya itu adalah sebuah pengalaman untuk belajar bagaimana memotret di sebuah konser musik. Awalnya saya kira sangat sulit, namun ternyata tidak sesulit yang saya pikirkan. Hanya saja memang, saya masih belum bisa menemukan momen yang tepat.

Dari pengalaman tersebut, saya mencari tahu cara-cara dan beberapa tips yang dapat kita lakukan agar memaksimalkan hasil foto yang kita buat. Tujuannya adalah jika saya dapat kesempatan untuk memotret di acara konser musik lagi, saya dapat menghasilkan foto yang lebih baik. Nah, simak beberapa tips memotret konser musik yang sudah saya rangkum dari berbagai sumber berikut.

belajar foto konser

Persiapkan Perlengkapan Anda
Seperti ketika anda akan hunting landscape atau human interest, memotret konser musik juga membutuhkan persiapan. Pastikan kamera dalam kondisi prima, memory card yang sudah kosong, baterai terisi penuh dan persiapan lainnya. Anda tidak perlu membawa perlengkapan yang berlebihan seperti filter-filter atau tripod, karena memang jarang sekali dibutuhkan.

Tips dari beberapa teman yang sering memotret konser musik, cukup bawa satu lensa yang paling nyaman anda gunakan. Biasanya anda hanya cukup membawa satu buah lensa, karena anda akan menghabiskan waktu jika sering mengganti lensa saat konser berlangsung. Daripada membawa lensa untuk berganti-ganti, lebih efektif jika anda menggunakan dua buah kamera dengan lensa yang berbeda, misal satu lensa fix dan satu lagi lensa wide atau tele.

Pahami Kondisi Cahaya Panggung
Pencahayaan adalah hal yang paling penting dalam fotografi, maka dari itu kita harus bisa memahami bagaimana kondisi pencahayaan panggung. Tujuannya adalah agar kita dapat melakukan setting kamera yang paling baik, sehingga menghasilkan gambar yang memuaskan. Pada umumnya, konser musik memiliki pencahayaan yang cukup baik. Namun kita harus menemukan mood yang tepat, agar cahaya pada panggung memberikan efek dramatis pada foto yang kita hasilkan.

belajar fotografi konser

Perbanyak Eksperimen
Dari banyak foto konser yang saya lihat, serta berbagi cerita dengan beberapa temen, mereka memberi tips bahwa konser musik tak melulu soal aksi panggung. Kadang ada momen yang menarik selain aksi atas panggung. Misalkan aksi penonton yang sedang menikmati musik, atau interaksi lainnya yang menarik untuk diabadikan. Intinya, lihat sekeliling dan bereksperimen.

Eksperimen juga tak hanya di momen dan komposisi foto. Settingan kamera anda juga dapat disesuaikan untuk memperoleh efek yang berbeda-beda. Shutter speed yang sengaja diperlambat untuk memberikan efek gerakan, atau permainkan exposure agar memberikan efek yang sesuai dengan yang kita inginkan.

foto konser barry likumahuwa

Perhatikan Peraturan dan Rundown Acara
Meski terdengar aneh, tapi ada beberapa konser yang memberikan aturan khusus untuk para fotografer. Misalkan fotografer hanya diperkenankan mengambil foto di beberapa lagu tertentu, dilarang menggunakan flash, atau bahkan tidak boleh menggunakan kamera jenis tertentu. Selain itu, jika memungkinkan, perhatikan juga rundown acara. Misalkan ada band yang anda nantikan di penutup konser, maka jangan sampai memory atau baterai anda kehabisan saat band tersebut tampil.

Itulah beberapa tips untuk memperbaiki foto konser musik yang saya hasilkan. Selain itu, perbanyak jam terbang dengan memotret foto event musik juga sangat dianjurkan. Tak harus konser artis ternama, pentas seni lokal, atau event kampus juga bisa jadi lokasi yang sangat menarik.

Semoga bermanfaat.

One Response

  1. Arie Susanto October 7, 2014

Add Comment