Tips Foto Selfie Untuk Hasil Terbaik

Tips Fotografi – Kemajuan teknologi memang memudahkan kita untuk melakukan berbagai hal. Salah satunya adalah kemudahan dalam mengambil gambar atau fotografi. Jika dahulu kita harus menunggu berjam-jam untuk mencetak foto dan melihat hasil foto yang sudah kita ambil, sekarang semua begitu instan langsung dapat dilihat hasilnya. Bahkan foto sudah bisa diambil dengan menggunakan kamera ponsel dengan mudah dan hasil yang memuaskan.

Kemudahan untuk mengambil foto tersebut, ditambah dengan keberadaan media sosial yang sepertinya sangat penting dalam kehidupan dewasa ini, membuat banyak orang sering menggunakan kamera ponsel untuk memfoto diri sendiri. Bahasa kerennya sekarang ini adalah foto selfie. Namun tak jarang saat mengambil foto selfie tersebut, banyak yang merasa hasilnya kurang memuaskan. Entah terlalu gelap, terlalu terang, kurang ini dan kurang itu. Untuk itu, berikut ini beberapa tips foto selfie yang mungkin dapat dicoba agar memperoleh hasil yang terbaik.

Cara foto selfie agar terlihat cantik

Tips Foto Selfie Terbaik

Hal yang perlu diperhatikan untuk foto selfie adalah, bahwa tidak ada aturan atau kepentingan yang harus anda penuhi disini. Jika anda berfoto untuk pas foto, mungkin anda akan memikirkan tentang latar warna merah atau biru, harus pakai kostum rapih dan sebagainya. Namun dalam selfie, anda hanya butuh untuk mengekspresikan diri saja. Tapi tentu saja, tetap dengan memperhatikan estetika dan keindahan.

Selanjutnya lihat tempat di mana anda akan berselfie ria. Jika anda sedang di dekat Menara Eiffel, tentu anda ingin menunjukkan hal itu. Begitu pula jika anda ada di pantai, anda tentu ingin menunjukkan kalau anda sedang berada di pantai. Maka dari itu, pilihlah posisi dan tempat dimana anda dapat menunjukkan background yang anda ingin tampilkan. Jangan ambil background yang kurang menarik. Misalkan saja kamar mandi atau kamar tidur yang acak-acakan. Jika anda berselfie di dalam ruangan, maka pilih latar atau background yang terlihat bersih dan simpel. Terlalu banyak barang akan mengurangi daya tarik foto anda.

Perlu diingat, dasar fotografi adalah pencahayaan. Saat aka foto selfie, hindari sumber cahaya berada berada di belakang anda. Posisi seperti itu akan membuat wajah anda terlihat gelap, dan bagian background terlalu terang. Cobalah untuk mencari posisi dimana cahaya datang dari depan anda, atau sekitar 60 derajat di samping anda (atau side light) untuk hasil yang lebih baik. Side light (khususnya dari matahari) memiliki sifat yang lebih lembut dan menonjolkan detail serta perpaduan antara area yang terkena cahaya matahari dan tidak terkena.

Terakhir adalah melatih percaya diri. Banyak orang tidak percaya diri dengan foto hasil selfie mereka. Sehingga mereka melakukan editing hasil secara berlebihan. Hal seperti itu tidak perlu dilakukan. Perbanyak saja selfie untuk mencoba hasil yang terbaik. Jika sudah terbiasa, anda akan tahu bagaimana pose yang dapat membuat anda tampil lebih menarik. Jangan takut untuk menggunakan alat bantu seperti mini tripod, tongsis atau juga mini lens tambahan untuk memperoleh efek yang menarik.

Tips terakhir, cobalah untuk tetap tampil sopan dan memperhatikan budaya ketimuran. Beberapa artis yang terkenal doyan selfie bisa menunjukkan sisi menarik dari wajah dan pose selfie mereka, tanpa harus (maaf) membuka busana. Yang terpenting dalam selfie adalah berekspresie. Karena perlu diingat, kebanyakan orang foto selfie dan membagikannya di media sosial, adalah untuk berbagi sesuatu hal yang membuat orang tersebut merasa senang. Jadi, tidak ada salahnya kan berekspresi dalam selfie dan berbagi kesenangan dengan teman-teman kita?

Selamat ber-selfie ria ya!

Add Comment