Tips Dan Cara Men-Charge Smartphone Yang Benar

Smartphone sekarang ini seperti menjadi kebutuhan penting bagi banyak orang. Banyaknya fitur membuat smartphone tidak hanya sekedar untuk kebutuhan telpon dan SMS. Hampir setiap waktu, orang selalu melihat ke arah layar hape mereka. Baik itu mengecek media sosial, chatting, berinternet, cek email atau bahkan mengerjakan tugas kantor melalui ponsel.

Pentingnya smartphone berarti penting pula bagi penggunanya untuk menjaga ponsel tetap dalam kondisi menyala. Sehingga pengguna seringkali melakukan banyak cara untuk tetap menjaga baterai hape mereka terisi. Entah itu menggunakan powerbank, atau ngecas hape terlalu sering karena yang penting baterai bertambah dan akan digunakan kembali. Cara yang dilakukan tersebut terkadang memang membuat baterai terisi, namun juga terkadang justru memberikan efek buruk bagi baterai hape kamu sendiri. (baca juga: tips menghemat kuota internet di android)

Menurut banyak sumber, berbeda teknologi maka berbeda pula perlakuan yang bisa diberikan. Namun secara umum, berikut ini beberapa tips dan trik yang dapat kamu lakukan saat mengecas hape agar baterai dapat lebih awet dan tidak cepat rusak.

Cara Mengecas Hape Yang Benar Agar Baterai Awet

Tips Cara Ngecas HP Yang Benar

#1 Jangan Menunggu Baterai Benar-Benar Habis
Karena hape selalu digunakan, kadang kita tidak memperhatikan kalau baterai sudah dalam kondisi kritis. Sampai-sampai hape kemudian mati sendiri karena kehabisan baterai. Padahal kondisi ini tidak dianjurkan, apalagi jika terlalu sering.

Disarankan untuk mengecas smartphone saat kondisi baterai masih terisi sedikitnya 10 persen. Saat mengecas, akan lebih baik lagi jika ponsel dalam keadaan dimatikan. Hindari pula sering mengecas sedikit demi sedikit. Cobalah untuk mencabut charger saat baterai memang sudah terisi penuh atau lebih dari 90 persen.

#2 Hindari Penggunaan Powerbank Terlalu Sering
Karena hape identik dengan kegiatan mobile atau sering dibawa-bawa, maka sekarang populerlah powerbank yang memudahkan kita untuk mengecas ponsel. Namun karena sifatnya yang juga menggunakan baterai untuk menyimpan stok daya dan kemudian dipindah ke baterai ponsel, maka menggunakan powerbank terlalu sering juga ternyata kurang baik. Apalagi jika powerbank yang digunakan kualitasnya kurang baik dan memiliki arus yang kurang stabil.

Jikapun memang sangat membutuhkan powerbank untuk dapat mengecas ponsel di mana saja, cobalah untuk memilih powerbank yang berkualitas baik dengan arus output yang stabil. Selain itu, saat menggunakan powerbank, gunakan pula kabel charger bawaan ponsel kamu. Cara ini cukup dianjurkan karena kabel ponsel bawaan umumnya didesain untuk menahan arus yang terlalu besar agar tidak merusak baterai atau komponen baterai saat mengecas.

#3 Selalu Gunakan Charger Bawaan Hape Atau Original
Kalau kamu sering meminjam charger teman, ada baiknya untuk mulai menghentikan kebiasaan tersebut. Terlebih kalau ternyata ponsel teman kamu berbeda dengan ponsel kamu. Ini dikarenakan setiap ponsel biasanya membawa charger yang memiliki spesifikasi output arus yang berbeda. Baik itu terlalu kecil atau terlalu besar dibandingkan charger bawaan hape kamu, tentu tetap akan memiliki efek negatif bagi baterai kamu.

Namun untuk beberapa jenis chipset smartphone, ternyata memiliki charger lain yang sudah dioptimalisasi sehingga membuat pengecasan baterai ponsel jadi lebih cepat (quick charge, fast charge dan sejenisnya). Meski tidak dianjurkan, namun saya belum menemukan review negatif dari charger ini. Namun sekali lagi, fitur ini biasanya dibawa oleh brand gadget yang cukup ternama. Jadi hati-hati menggunakan charger yang melabeli kemampuan fast charging namun kamu belum mengenal brand tersebut dengan baik.

kebiasaan ngecas hape semalaman bikin rusak

#4 Kurangi Kebiasaan Overcharge
Banyak orang yang memiliki kebiasaan mengecas hape saat akan tidur. Harapannya baterai ponsel sudah terisi penuh saat bangun. Padahal kebiasaan ini akan membuat baterai ponsel mengalami overcharge, yaitu arus terus masuk padahal baterai sudah terisi penuh. Hal ini tentu tidak baik untuk baterai hape kamu.

Tapi belakangan ini sebagian besar smartphone sudah mampu mengatasi masalah dengan fitur overcharge protection. Intinya, smartphone akan menghentikan atau membatasi arus charger yang masuk saat baterai sudah terisi penuh. Pun demikian, tidak semua smartphone memiliki dan menerapkan fitur ini dengan baik. Sehingga disarankan untuk mengurangi kebiasaan overcharge ini. Ditambah menurut beberapa blog tekno, baterai akan lebih awet jika tidak terlalu sering di charge hingga full. Idealnya, mengecas ponsel akan lebih baik jika baterai hingga 90 atau 95 persen saja.

Itulah beberapa tips untuk cara ngecas hp yang benar agar baterai ponsel lebih awet. Tapi perlu diperhatikan kalau baterai ponsel juga memiliki masa pakai dan akan tiba saatnya harus diganti. Yang bisa kita lakukan adalah mewaspadai agar kerusakan baterai tidak datang lebih awal saja.