Tips Cara Mengatasi Smartphone Yang Terkena Air

Cara Mengatasi Hape Jatuh Ke Air

Sebagai bagian dari keluarga perangkat elektronik, smartphone memang sangat tidak dianjurkan untuk terkena air. Hal ini dikarenakan air tentu akan merusak komponen yang ada dalam ponsel. Bisa dipastikan, smartphone akan menjadi konslet, rusak dan tidak bisa digunakan lagi.

Untuk smartphone keluaran terbaru, memang sudah cukup banyak pabrikan yang memproduksi dengan model tahan air. Bahkan ada ponsel yang sudah memberikan perlindungan terhadap air pada perangkat mereka tanpa mempublikasikan hal tersebut. Tujuannya adalah agar pengguna tetap waspada dalam pemakaian dan menghindari hal yang dapat merusak ponsel, seperti terkena atau bahkan sampai terendam air.

Jika hp terjatuh ke dalam air, pengguna seringkali pasrah dan sudah dapat dipastikan ponsel akan jadi rusak dan tidak dapat diperbaiki. Tapi tidak ada salahnya untuk mencoba beberapa hal yang mungkin dapat menolong ponsel dari kerusakan fatal setelah terkena air. Dan berikut ini beberapa tips atau cara yang dapat dilakukan sebagai penyelamatan pertama hape yang terkena air.

Cara Mengatasi Hape Terkena Air

#1 Segera Keluarkan Dari Air Kemudian Matikan
Kalau hape atau smartphone anda terjatuh ke dalam genangan air, segera angkat dan keluarkan secepat mungkin. Harapannya, air belum sampai memenuhi bagian dalam ponsel dan masih bisa tertolong.

Selanjutnya, segera matikan smartphone anda. Caranya dengan menggunakan tombol power, atau dengan cara mencabut baterai hape.

#2 Hindari Hal Berikut
Hape yang terjatuh ke dalam air tentu akan membuat kamu panik. Namun sebisa mungkin hindari melakukan hal berikut ini :
– Membiarkan ponsel dalam keadaan menyala. Dalam keadaan menyala, maka aliran listrik dalam komponen ponsel akan bersinggungan dengan air dan akan menyebabkan korsleting. Jadi pastikan ponsel dalam keadaan mati, dan jangan dikoneksikan ke arus listrik.

– Menggoyang / Mengguncang hape. Alasan orang melakukan hal ini adalah untuk mengeluarkan air yang sudah masuk ke dalam ponsel. Padahal cara ini justru akan membuat air semakin menyebar secara acak ke bagian-bagian ponsel.

– Memencet-mencet tombol ponsel. Saat dipencet, tombol ponsel akan menekan bagian komponen dalam ponsel. Jika ada air, maka air akan mengikuti tekanan itu dan masuk ke komponen bagian yang lebih dalam.

– Menjemur atau memanaskan ponsel. Mengeringkan ponsel dengan cara ini justru akan membuat komponen-komponen rusak. Karena ponsel tidak didesain untuk menerima panas berlebih.

#3 Keringkan Bagian Yang Terlihat
Langkah pengeringan pertama yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan tisu untuk mengeringkan sisa air yang terlihat. Keringkan bagian-bagian yang terlihat, serta celah-celah yang masih dapat diraih. Saat mengeringkan, usahakan ponsel hanya dalam satu posisi tegak. Tidak diputar-putar atau dibolak balik.

Jika memang memungkinkan, buka dan keluarkan komponen-komponen seperti memori, sim card dan baterai. Keringkan semua komponen secara perlahan dengan menggunakan tisu.

#4 Keringkan Bagian Dalam Ponsel
Ini adalah bagian yang cukup sulit karena memang tidak dapat disentuh secara langsung. Tapi ada dua cara yang cukup disarankan untuk mencoba membuang air dan kelembaban di bagian dalam ponsel.

Pertama, dengan menggunakan silica gel. Masukkan ponsel ke dalam box atau kantung tertutup, dan penuhi dengan silica gel hingga ponsel terendam. Lalu tutup rapat dan biarkan selama 2 atau 3 hari. Silica gel akan menyerap kelembaban air yang tersisa dalam ponsel.

Kedua, dengan menggunakan beras. Caranya sama saja dengan menggunakan silica gel. Namun beras dipilih karena memang dapat menyerap kelembaban dengan baik, serta mudah ditemukan di dapur rumah atau warung-warung sekitar.