Tips Cara Membuat Foto Ray of Light (ROL)

Teknik foto ray of lights atau ROL adalah teknik yang dilakukan untuk membuat foto yang menangkap garis-garis yang dibentuk oleh sumber cahaya atau asal pancaran sinar. Foto ROL rol atau ray of lights sendiri dapat diambil kapan saja, selama ada cahaya yang bisa direkam dan dalam kondisi yang mendukung garis cahaya terlihat makin jelas.

Untuk dapat memotret garis cahaya dan membentuk ray of lights tersebut, dibutuhkan waktu yang tepat serta kejelian kita dalam melihat kondisi. Selain itu, settingan kamera yang pas juga sangat mempengaruhi hasil akhir dari foto ROL yang kita buat. Berikut beberapa tips atau teknik foto ray of lights yang dapat anda coba agar mendapat hasil yang maksimal.

Tips Cara Foto Ray Of Lights

Teknik Cara Foto Ray Of Lights / ROL

Pilih Waktu Yang Tepat
Waktu yang paling tepat untuk membuat foto ray of lights adalah saat matahari baru saja terbit atau akan segera tenggelam. Di waktu-waktu tersebut, sinar matahari masih sangat nyaman dan dapat dengan mudah terlihat jelas. Apalagi jika pagi hari dimana partikel udara masih sangat pekat dan dapat membantuk merefleksikan cahaya matahari yang mulai terang.

Pilih Lokasi Yang Mendukung
Lokasi yang sangat mendukung munculnya scene ray of lights biasanya berada di tempat di mana kontras antara objek yang satu dengan lainnya, serta sumber cahaya matahari dapat terdefinisi dengan baik. Contoh sederhana adalah ketika cahaya matahari menerobos masuk dari sela-sela pohon yang rimbun. Atau bisa juga dari sela-sela jendela dapur yang menyindari orang sedang menyalakan api tungku. Kontras antara sumber cahaya dan objek atau background gelap akan membuat sinar yang menerobos masuk menjadi semakin tergambar jelas.

Setting Kamera Dengan Tepat
Pengaturan kamera tentu menjadi hal yang penting ketika akan memotret apapun, termasuk juga memotret ray of lights atau ROL. Seperti tips foto landscape umumnya, teknik foto ray of lights juga dianjurkan dengan menggunakan aperture bukaan sempit atau f angka besar. Selain itu, cobalah untuk tidak menggunakan ISO yang terlalu tinggi agar hasil foto tetap tajam.

Perhatikan Komposisi
Meskipun foto ray of lights memang menarik, tapi tetap saja komposisi adalah unsur yang membuat foto semakin kuat. Cobalah untuk menyusun komposisi yang menjadikan ray of lights yang anda potret menjadi sesuatu yang memiliki nilai lebih atau memperkuat cerita dan pesan yang ingin anda sampaikan dari foto tersebut. Contohnya saja adalah anak-anak yang bermain di sungai dan bermandikan cahaya, atau orang yang sedang mengaji di masjid dan disinari cahaya yang masuk dari ruas-ruas pintu.

Itulah beberapa tips cara membuat foto ray of lights yang dapat anda coba. Semoga bermanfaat.

Add Comment