Tips Beberapa Cara Murah Fotografi Makro Untuk Pemula

Fotografi makro memang membutuhkan lensa yang memang dikhususkan untuk meng-capture objek yang sangat kecil. Biasanya, fotografi makro merekam aktifitas serangga – serangga kecil seperti laba – laba, lady bug / kumbang, capung ataupun kupu – kupu. Namun biasanya lensa fotografi khusus makro ini harganya relatif mahal. Bagi yang masih baru dalam dunia fotografi, dan memiliki budget terbatas, rasanya agak sulit untuk membeli lensa khusus makro.

Tapi jika anda sangat ingin mencoba fotografi makro, dan anda suka bereksperimen, mungkin beberapa tips fotografi makro murah berikut ini dapat anda coba.

Menggunakan Close Up Filter
Close up filter banyak dijual bebas di bursa alat fotografi. Filter ini berfungsi untuk memperpendek jarak fokus terdekat yang dimiliki lensa anda. Dengan jarak antara lensa dan objek yang semakin dekat, maka perbesaran pun akan semakin terlihat.

tips cara murah fotografi makroClose up filter dijual dengan beberapa tipe dan harga yang bervariasi. Anda dapat membelinya dengan harga mulai 80ribuan, hingga ratusan ribu rupiah. Kebanyakan orang memilih cara ini selain karena murah, namun karena auto focus pada lensa masih dapat digunakan.

Menggunakan Lensa Yang Dibalik
Membalik lensa merupakan cara berikutnya yang dapat anda coba. Lensa yang dibalik, akan memberikan titik fokus yang sangat dekat dengan objek, sehingga anda dapat memeperoleh perbesaran yang sangat baik. Kendalanya adalah, anda harus mampu melakukan semuanya secara manual. Mulai dari mencari fokus dengan metode maju mundur, maupun melakukan settingan kamera anda secara manual.

Untuk memasang lensa secara terbalik ke kamera, anda dapat membeli adapter yang dijual di bursa alat fotografi. harganya beragam, namun relatif murah. Selain adapter body-to-male, tersedia pula adapter male-to-male yang jika anda ingin memasang lensa secara terbalik di ujung lensa yang terpasang di kamera anda. Kebanyakan orang memakai lensa fix 50mm untuk digunakan secara terbalik.

Lensa Tua Macro Manual
Cara ini relatif lebih mahal bila dibanding cara diatas. Lensa manual dapat anda beli di bursa fotografi, atau juga di pasar – pasar yang menjual barang lama, seperti Pasar Baroe Jakarta. Jika anda akan membeli lensa jadul manual, maka pastikan dulu bahwa lensa tersebut memiliki fitur makro dengan perbesaran 1:1 atau tergantung keinginan anda.

Demikian beberapa cara yang dapat anda coba lakukan untuk membuat foto makro dengan cara murah meriah.

Add Comment