Sony Ericsson WT19i, Penerus Seri Walkman berbasis Android

LensaGaul.Com – Ponsel keluaran Sony Ericsson dengan seri keluarga Walkman, memang sukses merajai persaingan ponsel musik di pasaran. Dengan fokus ke kualitas music player dan suara yang dihasilkan, tak heran jika seri terbaru keluarga walkman ini cukup dinantikan. Ditengah persaingan ponsel Android, Sony Ericsson menjawab tantangan pasar. Sony Ericsson Walkman WT19i yang powerfull dengan basis Android akhirnya dirilis.

Sekilas lihat, Sony Ericsson WT19i tampil modis dan sangat menarik perhatian. Pada sisi atas dan bawah terlihat agak melengkung bulat. Pada bagian bawah layar, terdapat tombol back, menu dan home. Seperti ponsel walkman lainnya, Sony Ericsson WT19i juga memiliki shortcut walkman pada bagian atas ponsel. Tak lupa tombol volume dan tombol kamera disematkan di sisi kanan ponsel. Sementara di bagian belakang dihiasi kamera 5MP yang disandingkan dengan LED flash.

spesifikasi review harga sony ericsson WT19i walkman androidPada sisi layar, Sony Ericsson WT19i memiliki layar sentuh HVGA kapasitif dengan luas 3.2 inchi. Dengan resolusi maksimal 320 x 480 piksel, layar ini juga sudah diperkokoh dengan anti gores. Untuk kinerja, layar Sony Ericsson WT19i menampilkan warna yang cerah, tajam dan natural. Sementara tampilan menu masih tidak terlalu berbeda dengan seri Android keluaran Sony Ericsson lainnya. Ini bisa ditengok dari adanya ikon shortcut di sudut layar.

Dari segi OS dan kinerja, Sony Ericsson WT19i sudah mengusung Android Gingerbread versi 2.3.4. Dengan dukungan prosesor 1Ghz dan 512MB RAM, kinerja Sony Ericsson WT19i terbilang mulus dan lancar. Ketika mengakses beragam aplikasi secara multitasking, kinerja dan kecepatan respon terlihat tidak terganggu. Memori internal sebesar 320MB terbilang cukup lega, namun juga disediakan slot microSD yang mendukung hingga 32GB.

Sebagai penerus keluarga Walkman, Sony Ericsson WT19i memiliki keunggulan di sisi kemmapuan pemutar musik. Bisa dibilang, diantara ponsel android yang beredar di pasaran, kemampuan pemutar musik Sony Ericsson WT19i ini berada di kelas atas. Pemutar musik walkman yang diusungnya memiliki tampilan yang sangat menawan, dan sudah didukung beragam fitur pelengkap. Selain fitur xLOUD yang sudah sering muncul di seri Xperia, Sony Ericsson WT19i juga terdapat beragam equalizer – meski tidak ada pilihan ubah manual.

Soal kualitas suara, kemampuan Sony Ericsson WT19i yang notabene walkman tak perlu diragukan lagi. Speaker yang disematkan di bagian depan dan belakang ponsel ini mampu bekerja maksimal meski volume di set ke titik maksimal, tanpa mengalami suara yang pecah. Sementara untuk headset bawaan Sony Ericsson WT19i, meski tidak bisa menghasilkan suara yang wah, namun cukup baik. Jika anda ingin menikmati musik dengan suara mantap dengan Sony Ericsson WT19i, dianjurkan untuk menggunakan headset / earphone 3.5mm lain.

Kamera berkekuatan 5MP yang tersemat dibelakang Sony Ericsson WT19i memiliki kinerja yang terbilang sangat baik. Hasil foto yang kontras dan tajam sangat memukau, dan mampu bersaing dengan kamera ponsel di kelas atasnya. Di ruangan kurang cahaya, LED flash sangat membantu. Noise yang dihasilkan juga tidak terlalu mengganggu. Kemampuan merekam video juga sangat baik. Di bagian depan terdapat kamera VGA, namun sayang kamera ini belum mendukung video call.

Keperluan pengguna Android untuk terus memiliki akses ke internet dijawab dengan baik oleh Sony Ericsson WT19i. Ponsel walkman android ini memiliki koneksi HSDPA yang teruji kecepatannya, namun tentu tergantung dengan koneksi operator anda. Selain itu juga terdapat Wi-Fi untuk mengakses internet dari area hotspot. Yang menarik, browser bawaan Sony Ericsson WT19i  sudah mendukung Adobe Flash 10.3. Untuk koneksi antar piranti disediakan bluetooth A2DP, serta slot microUSB untuk koneksi ke PC anda.

Aplikasi dan game bukanlah masalah berart buat ponsel android. Selain aplikasi bawaan seperti Android umumnya, ratusan aplikasi siap diunduh dari android market, baik yang gratis maupun berbayar. Disamping itu, Sony Ericsson WT19i yang dilepas ke pasaran dengan harga 2 jutaan ini sudah memiliki beberapa aplikasi bawaan yang cukup menarik. Aplikasi TrackID, 3D Camera, 3D Album, Foursquare, antivirus McAfee dan Xperia Hot Shots.