Nokia Lumia 710, Manisnya Smartphone rasa Mangga

Persaingan pasar smartphone dengan berbagai OS semakin menarik saja. Setelah booming Blackberry, iOS hingga Android, kini giliran Nokia yang mengusung Windows Phone 7.5 ikut meramaikan pasar. OS dengan nama lengkap Windows Phone 7.5 Mango ini langsung dilepas Nokia di 2 ponsel sekaligus. Salah satunya adalah Nokia Lumia 710.

Nokia Lumia 710 memiliki desain muka didominasi dengan layar sentuh luas 3.7 inchi. Pada bagian bawah layar terdapat 3 tombol untuk back, home dan search. Dimensi Nokia Lumia 710 sekitar 12 x 6 x 1.2 cm dengan bobot 125 gram. Sayang material yang digunakan pada Lumia 710 ini kurang kokoh, sehingga tidak terlihat sebagai ponsel ‘mahal’.

detail Nokia Lumia 710

Meski casing Nokia Lumia 710 terasa kurang kokoh, namun layar yang disematkan terbilang sangat memuaskan. Layar sentuh berjenis kapasitif yang memiliki kerapatan 480 x 800 piksel dan ketajaman hingga 16 juta warna ini ternyata juga sudah dilapisi dengan gorilla glass. Kinerja layar Lumia 710 juga terbilang memuaskan, dan tentu saja kaya fitur. Layar Nokia Lumia 710 sudah memiliki accelorometer, proximity sensor dan mendukung multi touch.

Nokia sepertinya tidak main-main dengan ponsel ber-OS mangga mereka. Untuk memuluskan kinerja Lumia 710, Nokia menyematkan prosesor berkekuatan 1.4 GHz Scorpion yang didukung dengan Adreno 205 GPU dan Qualcomm MSM8255 Snapdragon chipset. Dan terbukti, kinerja Lumia 710 secara default terbilang cepat tanpa tersendat.

Windows Phone 7.5 Mango

OS Windows Phone 7.5 Mango yang tergolong baru juga menawarkan beragam fitur dan aplikasi baru. Aplikasi perkantoran seperti Microsoft Office berjalan mulus di Lumia 710, bahkan fitur email yang ditawarkan juga memiliki sistem yang menarik. Beragam aplikasi untuk si Mango ini dapat anda dapatkan dengan mengunduhnya dari Market Place, yang sepertinya menggantikan fungsi OVI yang terdahulu. Secara default, beberapa aplikasi bawaan Nokia Lumia 710 antara lain Nokia Drive, Nokia Maps, Tuneln Radio, dan Daily Social.

Untuk keperluan konektifitas dan berseluncur di dunia maya, Nokia Lumia 710 mampu mendukung kecepatan download hingga 14.4 Mbps dan upload 5.76 Mbps. Selain itu juga tersedia fitur WiFi untuk mengakses internet melalui hotspot. Sementara untuk menghubungkan ponsel dengan PC,tersedia port microUSB. Namun PC harus terlebih dahulu terinstal aplikasi Zune. Lewat aplikasi Zune tersebut, Lumia 710 akan mudah melakukan sinkronisasi dengan PC anda.

pilihan warna backcover Lumia 710

Fitur multimedia pada Nokia Lumia 710 juga tergolong lengkap. Untuk keperluan pemutar musik, video, podcast, serta radio sudah terintegrasi pada Zune. Sementara pada bagian belakang body Lumia 710 tersemat kamera berkekuatan 5 MP yang diperkaya dengan lampu flash dan auto focus. Foto yang dihasilkan terbilang baik, serta memiliki beragam fitur yang menarik.

Nokia Lumia 710 secara keseluruhan menawarkan sesuatu yang baru melalui OS Windows Phone 7.5 Mango. Beragam aplikasi dan fitur yang mudah dijalankan serta kemampuan hardware yang mengagumkan, sangat menggoda bagi anda yang ingin mencoba sesuatu yang baru. Namun sayang ponsel yang dibanderol seharga 3.5 jutaan ini menggunakan microSIM yang belum umum di Indonesia. Selain itu kebutuhan aplikasi Zune pada PC untuk keperluan sinkronisasi, membuat Nokia Lumia 710 tidak bisa sembarangan berganti PC.

Add Comment