Nokia 700, Peningkatan Hardware Plus Symbian Belle

By

November 20, 2011Gadget Info Gadget1 Comment

Maraknya ponsel Android yang mulai menguasai pasar handphone tampaknya membuat Nokia gerah. Meski produsen ponsel asal Finlandia ini sudah mengumumkan akan merilis ponsel Windows Mobile, namun tampaknya Symbian masih menjadi ‘anak kesayangan’ mereka. Terbukti, Nokia melepas Nokia 700 yang mengusung Symbian Belle ke pasaran.

Nokia 700 memiliki dimensi 11 x 5 x 1 cm dan berat 96 gram. Dengan fisik yang terlihat ramping, tampilan depan didominasi layar sentuh 3.2 inchi berjenis AMOLED. Layar yang dikombinasikan dengan Nokia ClearBlack Display ini memiliki ketajaman 16 juta warna pada resolusi 360×640 piksel. Kinerja layar ini sendiri sangat memuaskan, dan sudah didukung fitur multi-touch. Dibawah cahaya keras, layar masih bekerja dengan baik, meski untuk kecerahan harus diatur manual.

Pada bagian bawah layar, terdapat 3 buah tombol standar Nokia, yaitu phone / call, menu dan tombol reject yang sekaligus merupakan tombol power. Di sekeliling body ponsel juga dilengkapi tombol volume, kunci / lock dan tombol kamera pada sisi kanan. Sedangkan pada bagian atas terdapat jack 3.5mm serta port microUSB. Yang menarik, pada bagian bawah layar terdapat speaker yang terposisi dengan sudut yang unik. Hal ini memungkinkan suara yang keluar lebih memiliki kemampuan untuk menyebar kesekitar ponsel.

Kemampuan ponsel yang meneruskan generasi keluarga Symbian ini juga mengalami peningkatan di sisi hardware dan performance. Nokia 700 dipersenjatai dengan prosesor 1GHz dan 512MB RAM, ditambah dengan kapasitas memori internal 2GB. Dukungan hardware yang tergolong wah ini, tentu saja kinerja Nokia 700 yang mengusung Symbian Belle menjadi mulus dan tanpa kendala. Eksekusi beragam aplikasi dan multitasking juga tidak mengakibatkan kinerja Nokia 700 terganggu.

OS Symbian Belle yang ditawarkan dalam Nokia 700 kali ini merupakan Symbian versi terbaru. Dibandingkan Symbian versi sebelumnya, Belle terlihat lebih cepat, ringan dan praktis. Selain dukungan hardware Nokia 700 yang memang memadai, Symbian Belle sepertinya memang diproyeksikan untuk bersaing dengan OS Android dan iOS yang saat ini semakin menyebar.

Untuk keperluan koneksi internet, jaringan HSPA dan koneksi Wi-Fi sudah siap digunakan pada Nokia 700 ini. Zoom in dan out pada browser bisa dilakukan dengan cara mencubit atau mengetuk cepat dua kali pada layar. Untuk jejaring sosial, tersedia Nokia Social yang mendukung Facebook dan Twitter. Sementara untuk aplikasi chatting, anda harus mendownload terlebih dahulu melalui OVI store.

Koneksi antar piranti tak luput dari pengamatan Nokia. Nokia 700 sudah mengusung Bluetooth v3.0, microUSB dan juga port audio 3.5mm. Tak cukup disitu, Nokia 700 juga memiliki fitur Near Field Communication (NFC) yang beberapa waktu lalu menjadi fitur yang digembar-gemborkan Blackberry versi terbaru. Dengan NFC, anda dapat melakukan transfer data antar piranti yang mendukung NFC. Bahkan kedepannya, NFC diproyeksikan dapat digunakan untuk digunakan sebagai alat pembayaran.

Untuk fitur multimedia, cukup memuaskan meski tidak mengalami perubahan yang mencolok dibanding Symbian pendahulunya. Pemutar musik masih menawarkan fitur menarik semacam equalizer, stereo widening dan loudness. Sementara video player mendukung codec MPEG-2 dan MPEG-4, serta video dengan resolusi 720p (1280 x 720 piksel). Tersedia pula FM radio, yang tentu saja harus menggunakan headset untuk dapat digunakan. Sementara itu, Ovi Music menawarkan musik lokal dan manca negara yang dapat anda download secara gratis.

Kamera 5MP yang disematkan di belakang body Nokia 700 terbilang cukup bagus dan memiliki beragam fitur. Sebut saja geo-tagging, face detection, portrait, landscape mode, digital zoom, exposure dan white balance. Fitur upload hasil foto langsung ke facebook dan twitter sudah tersedia pula. Tersedia pula Image dan Movie Editor yang dapat digunakan untuk mengolah foto menjadi file video. Sementara untuk merekam video, kamera ini mampu merekam video 720p dengan format MP4.

Secara keseluruhan, Nokia 700 menawarkan sesuatu yang baru dari keluarga Symbian. Kinerja yang lebih cepat dan baik, ditambah dengan godaan download musik gratis dari Ovi Music, tentu tawaran menggiurkan. Belum lagi, Nokia 700 sudah ditanamkan chipset GPS internal yang memungkinkan anda mengakses peta secara offline / tanpa bantuan seluler. Dengan harga 3 jutaan, Nokia 700 layak dipertimbangkan bagi anda pecinta ponsel Symbian, walau sangat disayangkan tidak adanya kamera depan untuk fitur video call.

One Response to “Nokia 700, Peningkatan Hardware Plus Symbian Belle”
  1. jojoe vodcka

    nokia emang tiada dua y.NOKIA ISI THE BEST

Leave a Reply

Baca Juga Postingan Berikutclose