CSL Blueberry Mi410, Produk Lokal Menjanjikan?

Setelah meluncurkan CSL Blueberry Mi320 beberapa waktu lalu, kini CSL meluncurkan satu lagi hape berbasis Android yang lebih powerfull. Bermain di pasar kelas menengah, CSL Blueberry Mi410 diluncurkan dikisaran harga 2.5jutaan.

Bentuk CSL Blueberry Mi410 sepertinya sangat identik dan mengingatkan kita dengan Huawei Ideos I9000. Bahkan hardware yang diusungnya juga tidak berbeda. Prosesor Scorpion 1GHz, GPU Adreno 205 dan Qualcomm MSM8225 Snapdragon.

Layar yang digunakan berjenis TFT capacitive touchscreen dengan luas 4.1 inchi dengan kerapatan 800x480piksel. Dengan sensitifitas yang bisa dibilang cukup baik, layar CSL Blueberry Mi410 ini juga sudah mendukung untuk multi-touch.

Untuk keperluan konektivitas, CSL Blueberry Mi410 disupport dengan jaringan GSM/HSDPA. Jika itu masih cukup, tersedia juga WiFi yang dapat anda gunakan di area hot-spot. OS Android Froyo 2.2 yang disematkan juga sudah mendukung untuk melakukan tethering. CSL Blueberry Mi410 ini juga memiliki fitur GPS dan Navigation seperti Android kelas menengah lainnya.

Sederet fitur multimedia pada CSL Blueberry Mi410 juga bisa dibilang cukup lengkap. Speaker pada body cukup baik untuk mendengarkan musik. Namun jika anda mendengarkan menggunakan earphone/headphone, anda akan mendapat kualitas suara yang lebih baik. Pada bagian belakang disematkan pula kamera 5MP yang mempunyai kualitas hasil foto yang baik.

Untuk aplikasi pada CSL Blueberry Mi410 sepertinya sama dengan Android pada umumnya. Selain yang menjadi bawaan seperti Gmail, GMaps, YouTube dan aplikasi khas blueberry, anda juga bisa mendownload ribuan aplikasi di Android market.

Meski menurut situs resmi CSL Blueberry Mi410 ini dilepas dengan harga 2.9jutaan, hape ini ternyata beredar di pasaran dengan harga kisaran 2.5-2.7jutaan. Sedikit saran jika anda memburu CSL Blueberry Mi410, teliti baik-baik kondisi barang yang ingin anda beli. Beberapa user mendapati barang ini memiliki defect yang lumayan mengganggu seperti layar seperti tersentuh sendiri dan force close.

Overall, CSL Blueberry Mi410 ini sangat layak dibanderol dengan harga yang sekarang ini. Meski kadang akan menimbulkan kesan “mahal” untuk hape lokal, tapi sebanding dengan kemampuan dan kinerjanya.