Blackberry Bold 9790 Bellagio, Siap Menjadi Ujung Tombak

Beberapa waktu lalu, RIM merilis handset Blackberry terbarunya. Dengan pangsa pasar yang besar, dan tingginya antusiasme pengguna Blackberry di Indonesia, RIM mempercayakan Indonesia sebagai tempat pertama untuk merilis produk terbarunya ini. Diproyeksikan sebagai best-buy, Blackberry Bold 9790 dilepas dengan nama sandi Bellagio.

Secara fisik, Blackberry Bold 9790 Bellagio nyaris menyamai pendahulunya, Blackberry Bold 9900 Dakota. Hanya saja, sedikit lebih tipis, meski perbedaan itu tidak sampai 1mm di tiap sisi nya. Selain itu, Bellagio juga terbukti lebih ringan. Sebagai perbandingan, Dakota memiliki berat 130 gram, sedangkan Bellagio hanya 105 gram.

Melihat kode penomorannya, Blackberry Bold 9790 Bellagio ini seperti menjadi penerus Onyx. Tak heran beberapa kalangan menyebut Bellagio sebagai Onyx 3. Dan selayaknya ‘penerus’, Bellagio mengusung banyak keunggulan dibanding Onyx 2 pendahulunya. Sebut saja prosesor berkekuatan 1GHz dan memori built in yang cukup lega, 768MB. Dengan dukungan yang kuat, OS 7 yang sudah menjadi default Bellagio berjalan mulus dan tanpa kendala berarti.

Seperti juga Dakota, Bellagio menggunakan layar sentuh TFT LCD dengan luas 2.45 inchi. Gambar dan tampilan yang dihasilkan juga terbilang baik dengan resolusi 480×360 piksel dan ketajaman 16 juta warna. Meski tergolonf sempit, kinerja touch screen dari Bellagio juga terbilang sangat baik dan responsif.

Untuk keperluan multimedia, meski mengalami berbagai perbaikan, namun handset Blackberry pada dasarnya memang tidak ditujukan untuk menyasar segmen ini. Pemutar musik dan video standar saja, meski suara yang dihasilkan terbilang megalami peningkatan. Sementara untuk kamera, Bellagio memiliki kamera berkekuatan 5MP dengan fitur cukup komplit. Autofocus, face detection, geo-tagging, serta dibantu flash untuk pencahayaan.

Soal ketahanan baterai, sepertinya RIM belum menemukan pemecahan masalahnya. Meski diawal kemunculan OS 7 sudah digaungkan bahwa OS ini irit daya, namun baterai Bellagio dengan kapasitas 1230mAH tak mampu bertahan lebih dari 6 jam ketika dipergunakan secara full mobile. Solusi sementara, mungkin hanya dengan membawa charger portable, atau baterai cadangan.

Dengan banyak peningkatan dari segi desain dan performance, Blackberry Bold 9790 Bellagio yang dibanderol dengan harga saat ini diatas 4 jutaan, terbilang patut menjadi pertimbangan. Dengan grafik harga Blackberry yang cenderung turun setelah peluncuran, mungkin menunggu beberapa waktu lagi, Bellagio akan menjadi best buy Blackberry dengan performance menawan.

Spesifikasi Blackberry Bold 9790 Bellagio
Dimensi : 110 x 60 x 11.4 mm, bobot 107 gr
Jaringan dan Konektivitas : GSM, GPRS, EDGE, 3G, WLAN
Sistem Operasi : Blackberry OS 7
Hardware : 1GHz Marvel Tavor MG1 processor, 768MB RAM, 8GB Memori (microSD up to 40GB)
Layar : 2.45inch, 480×360 piksel, TFT LCD Touch screen, 16 juta warna.
Kamera : 5 MP autofocus, geotagging, flash, 2x digital zoom.

Add Comment