Samsung Galaxy Nexus, Android Rasa Ice Cream Tanpa Memori External

LensaGaul.Com – Ponsel keluarga Galaxy keluaran Samsung saat ini memang tengah merajai pasar persaingan smartphone Android. Hampir di setiap level, Samsung merilis ponsel berbasis robot hijau tersebut, mulai dari level yang terjangkau, menengah hingga eksklusif. Untuk di kelas eksklusif, salah satu yang menjadi andalan Samsung adalah ponsel hasil kolaborasi dengan Google, Samsung Galaxy Nexus.

Samsung Galaxy Nexus memiliki bentuk oval nan terlihat dinamis dengan dominasi warna full hitam. Pada bagian muka terdapat layar lega dengan luas 4,65 inchi dengan tekhnologi Super AMOLED. Pada bagian bawah layar terdapat tiga buah tombol haptic untuk back, home dan menu. Sementara pada bagian atas layar terdapat sebuah kamera untuk video call, juga untuk fitur face unlock.

samsung galaxy nexus spesifikasi dan reviewSecara tampilan fisik, Samsung Galaxy Nexus memiliki kesan mewah dan elegan. Pada bagian belakang, dominasi tutup baterai berwarna abu-abu tua dengan tekstur yang nyaman digenggam. Di sisi tepi kiri terdapat tombol untuk pengaturan volume, dan tombol power di sisi kanan. Pada bagian bawah, beberapa lubang port berjajar rapi, port audio jack 3,5mm dan charger microUSB. Sementara pada bagian belakang disematkan kamera 5MP dengan flash.

Untuk menyokong kemampuan kinerjanya, Samsung Galaxy Nexus sudah mengusung Android Ice Cream Sandwich. Dukungan hardware yang terbilang powerfull dengan prosesor Dual-Core 1,2GHz Cortex A9, TI OMAP 4460 dan PowerVRSGX 540. Ditambah dengan layar Super Amoled 16 juta warna, dengan kerapatan 720 x 1280 piksel, Samsung Galaxy Nexus mampu bekerja baik dalam mengoperasikan berbagai aplikasi dan game sekelas HD. Bahkan di luar ruangan, tampilan pada layar Galaxy Nexus masih terjaga dengan sangat baik.

Samsung Galaxy Nexus memiliki koneksi jaringan yang cukup lengkap. GSM 850/900/1800/1900 HSDPA, WiFi, HSDPA 14.4 Mbps dan bluetooth. Selain itu, terdapat pula fitur koneksi NFC untuk bertukar data dengan sesama gadget yang memiliki fitur NFC. Namun sayang, koneksi untuk port HDMI tidak tersedia.

Beberapa fitur pendukung sudah menjadi ‘standar’ bagi smartphone saat ini, begitu pula Samsung Galaxy Nexus tidak lupa disematkan fitur tambahan tersebut. Sebut saja kamera 5 MP untuk ber-narsis ria, serta pemutar musik yang terbilang sangat baik. Dan untuk menyimpan hasil foto serta file musik anda, Samsung Galaxy Nexus menyediakan memori internal dengan kapasitas 16 GB tanpa slot memori eksternal.

Meski fitur multimedia yang dimiliki Samsung Galaxy Nexus terbilang wah, sayang kamera yang menghasilkan gambar dengan maksimal 2592 x 1936 piksel terbilang standar dan biasa saja. Sulit jika dibandingkan dengan pesaingnya. Apalagi diprediksikan fitur kamera pada ponsel Android akan semakin diburu mengingat Instagram yang sudah merambah ke ranah Robot Hijau.

Secara keseluruhan, Google dan Samsung berusaha menciptakan ponsel super berbasis Android Ice Cream Sandwich. Dan tak heran dengan beragam fitur dan kinerja yang mengagumkan, Samsung Galaxy Nexus akan memiliki sisi eksklusifitas tersendiri. Dibanderol dengan harga saat ini (akhir April 2012) sekitar 6 jutaan, Samsung Galaxy Nexus sepertinya perlu kerja keras untuk dapat menarik minat pecinta smartphone Android.

Add Comment