Nexian NX-A893 Magic, “iPhone” Rasa Android Lokal

Nexian terus menggeliat di persaingan Android kelas menengah bawah. Kali ini Nexian mencoba peruntungan dengan merilis NX-A893 Magic, ponsel berbasis Android dengan casing menyerupai iPhone keluaran Apple. Dengan tombol tunggal selayaknya iPhone, Magic berusaha merebut pasar meski dengan OS Froyo.

Tampilan fisik Magic memang sangat mengadaptasi iPhone dengan tampilan depan full layar touch screen dan hanya memiliki 1 tombol dibagian bawah layar. Tidak ada tombol lain seperti tombol menu ataupun back disekitarnya, yang selayaknya ada pada ponsel android lainnya. Hal ini terbilang sangat fatal, mengingat ponsel berbasis android identik dengan tombol menu untuk mengakses berbagai pilihan. Sementara tombol back ada di bagian kiri atas, yang menimbulkan kesan kurang ergonomis.

Untuk spesifikasi hardware, Nexian NX-A839 Magic sepertinya harus berjuang keras untuk dapat bersaing dengan ponsel android lain keluaran terbaru di kelasnya. Sebut saja prosessor ARM v6 600MHz yang ditopang dengan GPU Adreno 200 dan RAM 164 MB yang terbilang cukup untuk pengguna pemula. Kelebihan Magic hanya terletak pada kapasitas memori internalnya sebesar 8GB. Sementara untuk layar, Magic mengusung layar lega 3,5 inchi dengan kerapatan 320 x 480 piksel dan kedalaman 256 ribu warna.

Salah satu kelebihan dari Nexian NX-A839 Magic adalah memiliki 2 buah kamera, yaitu pada bagian depan dan belakang body ponsel. Kamera bagian belakang memiliki kapasitas 2MP yang disandingkan dengan LED flash, sementara kamera bagian depan hanyalah berjenis VGA. Kedua kamera Magic dapat digunakan untuk mengambil objek gambar yang terbilang biasa saja. Meski memiliki 2 buah kamera, Nexian NX-A839 belum memiliki kemampuan untuk melakukan video call baik secara seluler maupun VoIP.

Fitur pada Nexian NX-A839 Magic terlihat seperti ingin menggabungkan eksklusifitas iPhone dengan kemudahan Android. Beberapa ikon khas iPhone terlihat berbaris diantara aplikasi khas dari Android. Sebut saja browser dan message. Sementara aplikasi dukungan Google Mobile Services khas Android seperti Gmail, Gtalk dan Google Maps juga tak ketinggalan disematkan pada ponsel ini. Aplikasi lainnya seperti Facebook, Twitter dan beberapa portal berita lokal juga sudah tersedia.

Ponsel android identik dengan ponsel yang selalu terhubung dengan koneksi internet. Untuk itu, Nexian NX-A839 Magic menyediakan jalur cepat HSPA dan WiFi. Kemampuan koneksi Nexian NX-A839 terbilang cepat, cukup mumpuni untuk kebutuhan berinternet dari ponsel. Diluar itu, fitur hiburan Nexian NX-A839 terbilang standar. Sebut saja pemutar musik merangkap sebagai pemutar video, yang dilengkapi dengan radio FM. Tentu saja untuk radio FM, anda harus memasang earphone pada ponsel Magic ini.

Secara keseluruhan, Nexian NX-A839 Magic terbilang ponsel dengan desain yang cantik. Namun sayang, kecantikannya justru ‘membunuh’ fungsinya sendiri. Tanpa tombol menu, sangat sulit rasanya mengakses berbagai pilihan pada ponsel Android. Selain itu, kapasitas hardware Magic sepertinya masih sulit untuk mampu bersaing dengan ponsel sekelasnya. Dengan harga 1.5jutaan, Magic sepertinya harus berusaha keras mengalahkan dominasi Samsung Galaxy Y dan Mini. Salah satu kelebihan Nexian NX-A839 terletak pada memori internal yang besar, 8GB. Namun ini masih disayangkan pula, dengan ketiadaan slot memori external.

Add Comment