LG C660 Optimus Pro, Android Gingerbread Dengan QWERTY

Persaingan gadget Android sepertinya semakin membuat LG terpacu. Mengejar kesuksesan Samsung Galaxy Pro yang menyatukan Android dan ponsel bisnis dengan keyboard qwerty, LG akhirnya merilis LG C660 Optimus Pro. Mengusung Android Gingerbread 2.3.4, Optimus Pro mengkombinasikan layar sentuh dan keypad QWERTY.

LG Optimus Pro berdesain candybar dengan dimensi 12 x 6 x 1.3 cm, dan memiliki berat sekitar 129 gram. Pada layar, Optimus Pro mengadopsi layar sentuh kapasitif TFT 2.8 inchi yang sudah mendukung multi touch. Pada bagian bawah layar terdapat key home, setting, back dan search. Sedangkan untuk keyboard qwerty, terbilang nyaman dengan ukuran keypad 5 x 5 mm. Di bagian bawah keyboard juga terdapat beberapa shortcut untuk browser, kalender / scheduler dan email.

Keyboard qwerty LG Optimus Pro

Di sekeliling body Optimus Pro terdapat tombol kunci / power, tombol volume, port miniUSB dan tak ketinggalan jack audio 3.5 mm. Pada bagian belakang, terdapat pula kamera berkekuatan 3 MP dengan resolusi maksimal 2048 x 1536. Fitur kamera pada LG Optimus Pro terbilang cukup komplit seperti digital zoom, white balance, kontrol ISO dan color effects. Sementara untuk perekaman video, kamera Optimus Pro hanya mampu merekam dengan kualitas VGA (640 x 480 piksel).

Sistem operasi yang diusung LG Optimus Pro adalah Android Gingerbread versi 2.3.4. Pada versi ini, task management telah disempurnakan, serta memiliki multi tasking yang lebih stabil. OS roti jahe ini berjalan mulus pada Optimus Pro dengan dukungan prosesor ARMV6 Qualcomm 800MHz dan 256 MB RAM. Aplikasi standar seperti Gmail, Gtalk dan browser sepertinya sudah menjadi standard ‘paket’ bawaan handset Android. Selain itu, anda dapat mendownload ribuan aplikasi yang tersedia di Android Market.

Untuk berinternet ria, LG Optimus Pro beroperasi di jalur HSDPA 10.2 Mbps dan HSUPA 2Mbps. Selain itu, terdapat pula WiFi 802.11 b/g/n untuk dapat berinternet via koneksi hotspot WiFi area. Browser bawaan Optimus Pro juga terbilang cepat dan stabil (tergantung koneksi yang anda miliki). LG Optimus Pro juga sudah disematkan Bluetooth v3.0 with A2DP dan microUSB v2.0.

Meski pada dasarnya LG C660 Optimus Pro ditujukan untuk eksekutif muda yang menginginkan handset bisnis berbasis Android, bukan berarti Optimus Pro tidak mempunyai kemampuan multimedia dan fitur pendukung lainnya. Pemutar audio yang dimiliki ponsel ini terbilang cukup bagus, dan suara yang dihasilkan juga nyaman didengar.

LG C660 Optimus Pro hadir ditengah minimnya Android QWERTY di pasaran. Bisa jadi, LG tengah membidik segmen eksekutif muda yang tengah mencari alternatif ponsel bisnis diluar Blackberry. Dengan harga dibawah 2 jutaan (Rp. 1.800.000,-), LG Optimus Pro patut jadi pertimbangan bagi anda yang tengah mencari ponsel QWERTY berbasis Android.

Add Comment