Samsung Galaxy GIO, Android Penengah Dari Samsung di Kelas Mid-End

Sepertinya Samsung benar-benar serius ingin merajai persaingan Android, khususnya dikelas mid-end. Setelah Galaxy Ace ditujukan menjadi raja kelas menengah, dan Galaxy Mini untuk menyasar kelas best value for performance, kini giliran Galaxy GIO diluncurkan untuk menjadi penengah keduanya.

Seperti seri Galaxy lainnya, tampilan Galaxy GIO didominasi oleh layar. Tombol menu dibagian bawah diapit oleh tombol sentuh untuk menu dan back. Desain nyaris menyerupai Ace, namun dengan lekukan yang lebih dalam. Dibalut lis logam dan back cover berpori, Samsung Galaxy GIO terlihat simpel dan nyaman digenggam.

Dari sisi display, GIO menggunakan layar sentuh 3.2 inchi berjenis capasitive. Dengan kerapatan 320x480piksel serta 16 juta warna, sepertinya tampilan yang dihasilkan tidak perlu diperdebatkan lagi. Sensitifitas yang dimiliki juga cukup responsif.

Dari segi kemampuan, GIO sepertinya dapat disejajarkan dengan Galaxy Ace. Prosesor 800Mhz mampu mengoperasikan OS Android 2.2 Froyo yang diusungnya dengan sangat baik. Eksekusi beberapa aplikasi dan game yang saya lakukan, baik bawaan asli maupun hasil download di market dapat berjalan mulus.

Kamera sepertinya menjadi bagian yang ‘dipangkas’ oleh Samsung. Samsung Galaxy GIO hanya disematkan kamera berukuran 3.2MP. Untunglah kamera ini didukung fitur menghibur seperti autofocus, smile detection dan geo tagging. Saat mencoba fitur kameranya, hasil dari jepretan kamera Galaxy GIO tidaklah dapat dikatakan jelek. Justru cukup baik untuk ukuran kamera hape.

Kemampuan berinternet Samsung Galaxy GIO masih menjadi andalan. Koneksi HSDPA nya menghasilkan kemampuan data transfer yang cepat. Namun ini juga tergantung dengan operator yang anda gunakan. Untuk WiFi sepertinya tidak masalah. Terbukti berulang kali koneksi ini berhasil membantu saya mendownload beragam aplikasi dari Android market.

Berada di range harga antara Galaxy Mini dan Ace, GIO sepertinya ditempatkan untuk user yang ingin menyicip kemampuan Ace dengan harga sedikit diatas Mini. Jika melihat kemampuan dan dipangkasnya fitur kamera, bisa dibilang, GIO ini downgrade dari Ace, namun harga sedikit diatas Mini.

Spesifikasi Samsung Galaxy GIO S5660

  • GSM 850 / 900 / 1800 / 1900, HSDPA 900 / 2100
  • OS Android OS, v2.2 (Froyo)
  • CPU 800MHz processor
  • TFT capacitive touchscreen, 16M colors, 320 x 480 pixels, 3.2 inches, Accelerometer, TouchWiz v3.0 UI, Swype text input method, Proximity sensor for auto turn-off
  • RAM 384 MB, Internal Memory 158 MB, Card slot microSD up to 32GB
  • WLAN Wi-Fi 802.11 b/g/n
  • Camera 3.15 MP, 2048×1536 pixels, autofocus, Features Geo-tagging, Video QVGA@15fps
  • Bluetooth Yes, v2.1 with A2DP
  • GPS, A-GPS, Digital compass
  • Google Search, Maps, Gmail, YouTube, Calendar, Google Talk, Picasa integration
  • Standard battery, Li-Ion 1350 mAh

Add Comment