Canon EF 17-40 f/4 L, Pilihan Pertama Pengganti Lensa Kit

Kebanyakan fotografer pemula, sering kali merasa kalau lensa kit bawaan kamera memiliki hasil yang memuaskan. Oleh sebab itu, maka opsi mengganti lensa kit dengan kualitas yang lebih baik muncul. Dan untuk keluarga Canon, lensa yang menjadi pilihan pertama mereka yang ingin menggantikan lensa kit kamera adalah lensa L series Canon 17-40 mm.

Review Lensa Canon 17-40mm

Seri lengkap dari nama lensa ini adalah Canon EF 17-40 f/4 L USM. Dan sebagaimana keluarga lensa seri L dari Canon, lensa ini pula memiliki built quality yang sangat baik. Selain kokoh, lensa ini juga bisa dibilang memiliki ‘kerapatan’ yang memuaskan. Anda tidak perlu khawatir dengan debu, atau sekedar percikan air akan memasuki lensa ini.

Lensa Canon EF 17-40mm ini memiliki fitur auto fokus yang disertai Ultra Sonic Motor (USM), sehingga tidak ada kesulitan berarti untuk mendapatkan fokus dengan mode AF. Selain cepat, USM pada lensa ini juga bekerja dengan senyap. Jadi anda tidak akan mendengar suara mengganggu ketika motor fokus bekerja. Namun jika anda ingin menggunakan fokus manual juga tidak ada masalah, karena anda tinggal menggeser mode fokus ke arah MF saja.

Untuk hasil foto, lensa ini memiliki kualitas hasil foto yang memuaskan. Meski beberapa user menyebutkan mereka memperoleh bad copy, namun mayoritas pengguna lensa ini mengabarkan bahwa mereka puas. Hampir disemua focal length dan bukaan menghasilkan foto yang tajam dengan kontras warna yang baik.

Review Harga Lensa Canon 17-40 L

Dengan focal length 17mm hingga 40mm, lensa ini sangatlah pas untuk menggantikan lensa kit 18-55. Banyak user yang merekomendasikan lensa 17-40 khususnya untuk mereka yang hobi fotografi landscape. Selain memiliki focal length yang cukup lebar, yaitu 17mm, lensa ini juga memiliki kontras yang sangat baik. Namun hal yang sering dikeluhkan adalah ring filter lensa yang cukup besar, yaitu 77mm. Biasanya filter lensa dengan ring besar memiliki harga yang cukup mahal pula.

Untuk harga lensa Canon 17-40mm L USM ini terbilang murah jika melihat jajaran keluarga lensa L series lainnya. Harga baru lensa ini berada di rentan 7 jutaan. Namun jika anda memburu untuk versi second nya, maka anda dapat memperoleh lensa ini dengan harga sekitar 5 hingga 6 jutaan, tergantung dengan kondisi lensa tersebut.

Add Comment