Mengenal OS Terbaru dari RIM, Blackberry OS 7.

Pertengahan tahun ini, RIM telah memperkenalkan sistem operasi Blackberry versi terbaru, yaitu Blackberry OS 7. Ini tentu saja menjadi kabar menggembirakan bagi pengguna Blackberry. Lalu apa saja perubahan pada OS Blackberry terbaru ini?

Dari segi interface, terlihat tampilan yang terasa ‘berbeda’. Bila dibandingkan dengan OS 6 terdahulu, pada OS 7 kali ini Blackberry tampil dengan ikon yang terasa lebih berwarna. Meski menu yang hadir tidak terlalu banyak berbeda, namun bentuk ikon mengingatkan kita dengan ikon Blackberry pada versi dibawah OS 6. Namun tampilan terlihat lebih halus, serta respon perpindahan menu terasa lebih cepat. Mungkin ini dikarenakan teknologi Fluid Graphics yang diusung Blackberry OS 7.

Untuk fitur Blackberry Messenger (BBM) yang menjadi andalan handset Blackberry, OS 7 tidak terlalu banyak mengusung perubahan. Blackberry OS 7 masih mengusung BBM versi 6. Versi ini juga dapat digunakan oleh pengguna Blackberry OS 5 dan OS 6 dengan cara mengupdate aplikasi BBM mereka.

Browser pada Blackberry OS 7 sepertinya yang paling banyak mendapat ‘suntikan’ perbaikan. Di sisi ini, RIM menyematkan browser yang mendukung HTML 5 dan juga sudah terintegrasi dengan JavaScript Engine. Kecepatan browser juga diklaim meningkat sekitar 40% dibandingkan versi sebelumnya. Fitur lainnya adalah penambahan multi windows browsing dan pinch zooming.

Pada fitur search, sebenarnya pada OS 6 juga Blackberry sudah memiliki fitur ini. Namun pada OS 7, RIM menambahkan fitur voice search. Ini akan membuat pencarian pada handset Blackberry anda ataupun pencarian melalui browser menjadi lebih mudah.

Fitur terbaru yang dibawa oleh Blackberry OS 7 ini adalah Near Field Communication (NFC) dan Blackberry Balance. NFC adalah fitur yang memiliki fungsi seperti dompet digital, sehingga memungkinkan untuk Blackberry melakukan pembayaran. Meski kedepannya diharapkan bisa menjadi alat pertukaran gambar, kontak, musik dan video bagi sesama pengguna perangkat NFC, fitur dompet digital ini belum dapat dipergunakan di Indonesia.

Blackberry Balance adalah fitur yang juga baru terdapat di Blackberry OS 7. Dengan fitur ini, pengguna Blackberry dapat memisahkan informasi dan data pengguna yang bersifat pribadi dan yang berhubungan dengan pekerjaan secara efektif.

Namun sangat disayangkan, bagi handheld Blackberry yang sudah dirilis sebelum OS 7, belum ada kepastian akan adanya update OS 7. Sementara, OS 7 direncanakan akan disertakan dengan handheld Blackberry versi terbaru yaitu Blackberry Bold Touch 9900 dan 9930. Selanjutnya akan dirilis Blackberry Torch 9810, 9850 dan 9860 serta dari keluarga Blackberry Curve 9350, 9360 dan 9370 yang semuanya mengusung OS 7.

Add Comment