Pentax K-1, DSLR Full Frame Pertama Dari Pentax

Kamera DSLR: Setelah sekian lama bermain di pasar kamera, Pentax akhirnya secara resmi merilis kamera DSLR Full Frame pertama mereka pada 18 Februari 2016 lalu. Kamera DSLR yang diberi nama Pentax K-1 ini tentu menjadi angin segar dan berita baik bagi penggemar brand Pentax, melihat sejak awal kiprahnya di kamera film dahulu (dengan nama Asahi Optical), kamera DSLR full frame dari Pentax menjadi salah satu jenis produk yang ditunggu-tunggu.

Kamera DSLR Pentax K-1 terbaru ini memiliki spesifikasi yang terbilang sangat baik. Mengusung sensor CMOS full frame dengan resoulusi 36.4 MP, kamera ini juga sudah memiliki sistem autofokus 33 titik dengan 25 cross type, 5 axis stabilizer (shake reduction), layar LCD yang fleksibel dan body yang didesain weather resistant.

Kamera DSLR Terbaru Full Frame Pentax K1

Teknologi built-in stablizer pada body kamera menjadi salah satu fitur utama yang menjadi perhatian dan nilai jual dari kamera Pentax K-1. Selain untuk membantu menstabilkan kamera saat mengambil foto, fitur ini juga dapat dimanfaatkan untuk pixel shift resolution agar dapat menghasilkan foto yang lebih tajam dan detail. Teknologi stabilizer yang digunakan juga memungkinkan pengguna untuk menggunakan fitur astro tracer, yaitu fitur yang dapat digunakan saat akan mengambil foto bintang dengan shutter speed yang sangat lambat namun tetap memberikan hasil yang sangat baik.

Untuk penggemar kamera dan lensa Pentax, kehadiran kamera Pentax K-1 ini juga menjadi berita yang cukup menggembirakan. Hal ini dikarenakan pemilik lensa-lensa lama Pentax yang dirilis pada era keemasannya dulu dapat kembali menggunakan lensa tersebut secara optimal. Selain itu, untuk penggemar fotografi yang menyukai pengambilan foto outdoor di cuaca kurang bersahabat, maka kamera Pentax K-1 yang sudah didesain dengan body water resistent ini menjadi pilihan yang cocok.

Harga Kamera DSLR Terbaru Pentax K1

Saat perkenalannya, kamera DSLR Pentax K-1 ini dibanderol dengan harga sekitar USD 1.800 atau sekitar 24 juta rupiah. Hal ini tentu jauh lebih murah jika dibandingkan dengan pesaing mereka yang umumnya membanderol kamera full frame dengan resolusi 36 MP di kisaran harga 30 hingga 40 jutaan. Di saat yang bersamaan, Pentax juga memperkenalkan lensa terbaru mereka yaitu lensa ultra-wide Pentax FA 15-30mm f/2.8 WR (water resistant) yang dijual dengan harga USD 1.500 atau 20 jutaan serta lensa multifungsi Pentax FA 28-105mm f/3.5-5.6 WR yang dijual dengan harga USD 500 atau sekitar 6.7 jutaan.

Menurut kabar yang beredar, kamera Pentax K-1 terbaru ini akan mulai dipasarkan pada bulan April 2016 nanti. Untuk pasar Indonesia sendiri, diperkirakan Pentax K-1 baru akan dapat ditemui dengan garansi resmi sekitar bulan Mei atau Juni 2016 dengan harga yang tidak terpaut jauh dari saat rilis.