NIKON J5, Kamera Mirrorless Terbaru Dari NIKON

Nikon akhirnya merilis seri kamera mirrorless terbaru mereka. Setelah beberapa seri sebelumnya cukup diminati, kali ini Nikon mencoba menghadirkan seri dan desain yang relatif baru. Kamera yang didesain dengan tampilan sedikit retro ini diberi nama Nikon J5.

Dari segi desain, Nikon J5 memang cukup berbeda dengan tampilan kamera mirroless nikon yang sudah ada sebelumnya. Kamera ini hadir dengan tampilan retro dengan balutan warna hitam dan silver, mengingatkan kita akan kamera-kamera di jaman kamera film yang terdahulu. Untuk tombol navigasi kamera juga sudah semakin diperlengkap seperti tersedianya tombol PSAM yang membuat pengguna tak perlu mengakses banyak menu hanya untuk merubah shooting mode.

Harga Kamera Nikon J5 Terbaru

Meski diperuntukkan bagi segmen pemula, namun kamera Nikon J5 ini sudah mengusung fitur dan teknologi terbaru untuk saat ini. Sebut saja contohnya adalah sensor kamera dengan resolusi 20.8 MP yang diklaim mampu menghasilkan foto dengan tingkat ketajaman yang baik. Sensor ini juga sudah dilengkapi dengan teknologi back side illumination sensor yang dapat menjaga kualitas foto tetap bagus meskipun foto diambil pada pencahyaan yang kurang. Untuk rentang ISO yang dimiliki juga terbilang luas dengan rentang ISO 160 hingga 12.800.

Salah satu fitur unggulan yang diusung oleh kamera NIKON J5 ini adalah kemampuannya sensor dan prosesor Expeed 5A dalam merekam gambar dengan cepat. Dengan bantuan hybrid auto-fokus, kamera ini diklaim mampu merekam dan memproses foto hingga 20 frame foto per detik. Dengan kecepatan tersebut, kamera ini sangat cocok untuk digunakan dalam perjalanan, memfoto satwa, olahraga atau candid. Meski untuk mencapai kinerja tersebut memang dibutuhkan pencahayaan yang cukup.

Fitur lainnya adalah kemampuan merekam video dengan resolusi 4K. Meski begitu, sangat disayangkan bahwa frame rate yang dapat diperoleh hanya 15 frame per detik maksimal. Jadi sudah pasti video yang dihasilkan tentu tidak mulus. Jika ingin hasil yang lebih baik, maka resolusi video harus diturunkan. Untuk mengambil gambar, pengguna harus memanfaatkan layar LCD dengan resolusi tinggi yang dapat diputar. Hal ini dikarenakan Nikon J5 tidak memiliki fitur viewfinder.

Harga Kamera Mirrorless Terbaru Nikon J5

Dengan desain yang menarik serta fitur yang cukup lengkap bagi pemula, kamera mirrorless ini tentu sangat cocok untuk traveler atau penggunaan dokumentasi harian. Fitur berbagi melalui WiFi atau NFC juga sangat membantu pengguna dalam membagi hasil foto mereka. Dalam peluncurannya, kamera mirorless Nikon ini dibanderol dengan harga USD 500 atau sekitar 6,5 jutaan rupiah untuk bundle lensa Nikon 10-30mm f/3,5-5,6. Sedangkan untuk paket dua lensa dengan tambahan lensa Nikon 30-110mm f/3,8-5,6 dijual dengan harga USD 750 atau sekitar 9,7 jutaan.

Add Comment