NIKON AF-S 70-200 F/2.8, Lensa Zoom Super Tajam

Lensa NIKON AF-S 70-200 f/2.8 merupakan salah satu lensa zooming yang paling banyak diidamkan pengguna kamera DSLR, khususnya untuk brand NIKON. Memang wajar jika demikian, karena melihat range 70mm hingga 200mm tersebut bisa dibilang range foto yang banyak digunakan, baik untuk modelling, street photography maupun candid. Dan tentu saja, aperture terbesar pada f/2.8 membuat lensa ini mampu bergerak cepat meski pada kondisi low-light.

review lensa nikon 70-200

Dari segi built quality, lensa NIKON AF-S 70-200mm f/2.8G ED VR II sudah jauh lebih baik dibanding pendahulunya yang masih versi I. Pada ring untuk zooming pun sangat baik dan kuat, tidak kendor atau terlalu longgar. Untuk lensanya sendiri, coating bekerja sangat baik. Pada pemakaian siang hari, sangat jarang user mengeluhkan adanya flare yang muncul.

Kelebihan lain dari lensa ini adalah memiliki VR atau vibration reduction. Meski beberapa user sering menyebutkan VR sering kali membuat hasil foto kurang tajam, namun di lensa Nikon 70-200 ini justru tidak demikian. VR lensa ini bekerja dengan sangat baik, dan membantu user untuk dapat mengambil foto meski speed terbilang cukup rendah.

Memiliki hampir semua keunggulan yang dibutuhkan dari sebuah lensa, bukan berarti lensa NIKON ini tidak memiliki kekurangan. Hal yang paling sering dikeluhkan dari pemakai lensa ini adalah beratnya yang mencapai 1.5 kilogram. Untuk yang belum terbiasa, baru menenteng kamera dengan lensa ini terpasang tentu akan cepat merasa pegal. Oleh karena itu, penggunaan monopod tentu dapat dijadikan opsi.

harga lensa nikon 70-200

Kelemahan lainnya adalah jarak minimal fokus lensa yang berada pada 1.5 meter. Namun rasanya hal ini tidak terlalu mengganggu, karena pada dasarnya lensa zooming memang untuk mengambil foto pada jarak yang relatif cukup jauh.

Lensa NIKON 70-200mm f/2.8G ED VR II ini memiliki tipe AF-S, yang berarti sudah memiliki motor fokus dalam body lensa. Dengan motor fokus menjadikan lensa ini dapat menjalankan fitur auto fokus pada semua kamera DSLR milik NIKON. Namun kendala dari lensa NIKON yang memiliki tipe AF-S pada umumnya adalah harga. Saat ini, lensa NIKON AF-S 70-200mm f/2.8G ED VR II dibanerol dengan harga masih diatas 20 jutaan. Sementara untuk harga bekas lensa ini masih berkisar antara 18 juta hingga 21 jutaan. Tergantung dari kondisi lensa tersebut.

Add Comment