Mengenal Shooting Mode Pada Kamera

Pada saat kita akan mengambil gambar dengan kamera, maka terdapat beberapa mode yang bisa kita pilih. Setiap kamera biasanya memiliki simbol huruf yang berbeda – beda, namun secara umum pengaturan dari fungsi mode tersebut adalah sama saja. Berikut adalah beberapa shooting mode yang terdapat pada kamera.

belajar shooting mode fotografi

Mode Auto
Mode ini adalah mode yang paling banyak dipakai oleh pengguna kamera yang masih pemula. Dalam mode auto, kita tidak perlu melakukan pengaturan apapun. Yang kita perlu lakukan hanyalah tinggal memencet tombol rana / shutter, maka kamera akan mengambil gambar dengan settingan yang otomatis dilakukan oleh kamera.

Meski otomatis, bukan berarti gambar yang diperoleh menjadi jelek. Hal ini dikarenakan kamera digital jaman sekarang sudah terbilang pintar. Namun kebanyakan fotografer yang ingin mendalami fotografi, tidak menggunakan mode ini karena hasilnya kurang sesuai dengan yang mereka inginkan.

Beberapa kamera memiliki mode auto untuk beberapa scene pula. Misalkan mode auto untuk landscape, sport, night atau macro.

Mode Aperture Priority (A / Av)
Mode ini bisa dibilang mode semi-otomatis. Pada mode ini, kita hanya perlu mengatur aperture dari kamera yang kita gunakan, selanjutnya kamera secara otomatis akan mengatur shutter-speed yang diperlukan. Biasanya, dalam mode semi-otomatis seperti ini, kita juga harus menentukan exposure / metering yang kita inginkan.

Mode Shutter Speed Priority (S / Tv)
Mode ini sama seperti mode Aperture Priority, hanya saja ini merupakan kebalikannya. Jika mode Aperture Priority kita harus mengatur Aperture dan Exposure / Metering, maka di mode ini kita hanya perlu mengatur Shutter Speed yang kita inginkan, serta metering yang dibutuhkan. Sedangkan aperture akan diatur secara otomatis oleh kamera.

Mode Manual (M)
Mode manual berarti kita secara penuh mengatur cahaya yang akan masuk kedalam kamera kita. Dengan mode ini, maka kita harus mengatur sendiri aperture dan shutter speed yang akan kita gunakan. Ketika mode ini digunakan, biasanya kita harus memperhatikan pula metering yang ada pada kamera. Sehingga, untuk dapat menggunakan mode manual dengan baik, maka kita terlebih dahulu harus mengerti apa itu metering, dan cara menggunakannya.

Itulah beberapa mode dalam kamera yang dapat dipergunakan ketika kita akan mengambil foto. Semoga dapat bermanfaat, khususnya untuk yang masih belajar fotografi. Terima kasih.

3 Comments

  1. Evan August 24, 2013
  2. boer April 8, 2014
  3. angga September 21, 2014

Add Comment