Mengenal Kamera Mirrorless

Banyak orang yang ragu ketika akan membeli kamera digital. Jika membeli kamera pocket, mereka khawatir dengan fitur yang kurang memuaskan. Namun untuk membeli sebuah kamera DSLR, ukuran dan berat kamera jenis ini juga menjadi pertimbangan yang tidak dapat diabaikan.

Jika kamu termasuk orang yang bingung untuk memilih kamera, maka sepertinya kamu dapat mempertimbangkan untuk memilih kamera mirrorless saja. Karena, kebanyakan orang menganggap bahwa kamera berjenis ini berada di antara posisi kamera pocket, dan kamera DSLR. Sehingga, kamera ini merupakan pilihan yang cukup baik.

Kamera Mirrorless Sony Nex fitur review

Apa itu Kamera Mirrorless?

Kamera mirrorless adalah kamera yang tidak memiliki kaca, atau pentaprisma dalam body kamera tersebut. Jika anda mengetahui struktur DSLR, terdapat sebuah kaca yang memantulkan image yang akan diambil, sehingga dapat diintip melalui viewfinder. Kamera mirrorless menghilangkan aspek tersebut, sehingga image yang akan diambil dapat dilihat melalui layar yang tersedia.

Keunggulan Kamera Mirrorless

Ada beberapa keunggulan yang dapat anda peroleh jika anda memilih untuk membeli kamera mirrorless.
Ukuran yang compact dan lebih kecil dibanding DSLR
Kamera mirrorless memiliki ukuran yang relative kecil jika dibandingkan dengan DSLR. Malah beberapa kamera mirrorless ada yang memiliki ukuran sebesar kamera pocket biasa. Jadi jenis kamera ini cukup ringan, dan mudah dibawa kemana – mana, sangat cocok untuk anda yang suka travelling, namun malas untuk membawa kamera yang besar
Memiliki Fungsi Seperti Kamera DSLR
Meski memiliki ukuran yang kecil dan compact, kamera mirrorless juga memiliki fungsi yang sama dengan kamera DSLR. Kamera ini memiliki fitur lengkap seperti mode auto, manual, Av ataupun Tv, lalu dapat melakukan penyettingan ISO, white balance dan lainnya. Istilahnya mungkin kamera DSLR yang diperkecil.
Selain itu, lensa kamera mirrorless juga dapat diganti – ganti sesuai kebutuhan anda. Anda dapat menggunakan lensa wide, lensa tele maupun lensa fix. Tentu ini merupakan keunggulan jika dibandingkan dengan kamera pocket, atau bahkan kamera prosummer.

Jika melihat perkembangan pasar, hampir semua pabrikan kamera sepertinya fokus mengembankan jenis kamera Mirrorless. Terbukti dalam beberapa tahun belakangan, hampir semua merk kamera memiliki produk di jenis ini. Bahkan beberapa merek kamera sudah beberapa kali pula mengeluarkan versi terbaru untuk pengembangan produk mereka.

Beberapa Pilihan dan Harga Kamera Mirrorless

Nikon 1 V1
Sony Nex-5RL
Olympus E-PL5

Jadi untuk anda yang mencari kamera dengan fitur lengkap seperti kamera DSLR, namun memiliki bentuk yang compact seperti kamera pocket, maka kamera Mirrorless patut anda pertimbangkan. Semoga bermanfaat.

No Responses

Add Comment