Mengambil Foto Dalam Kondisi Low Light

Sebagaimana dengan judulnya, fotografi dapat diistilahkan dengan melukis menggunakan cahaya. Artinya jelas sekali bahwa baik atau tidaknya hasil foto kita terhadap sebuah objek, sangat dipengaruhi dengan kondisi cahaya di sekitar objek. Oleh karena itu, banyak artikel yang membahas waktu – waktu yang tepat untuk menghasilkan objek foto dengan pencahayaan yang baik. Lalu bagaimana jika kita ingin mengambil foto sebuah objek dengan kondisi pencahayaan yang kurang atau lebih dikenal dengan kondisi low light?

Ada beberapa cara yang dapat kita coba untuk mengambil foto objek dalam kondisi low light, namun tergantung pula dengan objeknya. Dalam hal ini, saya akan mencoba ‘meresume’ beberapa artikel yang saya baca. Objek yang akan kita foto dibagi menjadi dua terlebih dahulu, objek diam dan objek yang bergerak.

Tips Fotografi Low Light

Foto Low Light Untuk Objek Bergerak

Untuk objek bergerak, mengambil foto dalam kondisi low light cukup sulit. Tapi ada beberapa tips agar memperoleh hasil yang maksimal.

Gunakan Lensa Bukaan Lebar
Bisa dibilang ini cara yang paling umum dan paling baik. Dengan bukaan aperture yang lebar, anda dapat meningkatkan speed shutter nantinya. Dengan demikian, anda dapat menciptakan foto yang lebih tajam, dan tidak blur karena pergerakan objek. Misalkan saja lensa dengan bukaan 1.8, atau bahkan 1.4. Namun kelemahannya adalah pada sisi harga. Lensa berbukaan besar relatif mahal. Namun jika anda tidak masalah dengan harga, cara ini bisa dibilang paling pantas dicoba.

Gunakan ISO Tinggi
Jika anda masih merasa kurang mendapat shutter speed yang mumpuni untuk mereka objek bergerak saat kondisi low light, maka anda dapat meningkatkan ISO kamera anda. Beberapa kamera sudah mampu menggunakan ISO tinggi, tanpa menimbulkan noise pada foto. Jadi anda dapat menggunakan cara ini, sampai pada titik dimana noise masih bisa anda terima.

Gunakan Lampu Flash
Cara ini sebenarnya cukup efisien untuk mengambil foto objek bergerak saat low light. Namun ada beberapa tempat dimana lampu flash tidak diperkenankan. Sebut saja di gedung – gedung pertunjukan, konser, atau acara – acara lainnya.

Foto Low Light Untuk Objek Tidak Bergerak

Jika objek yang akan anda ambil adalah benda mati atau tidak bergerak, sebenarnya lebih mudah. Tips diatas juga bisa diterapkan untuk mengambil foto objek tidak bergerak. Selain itu, anda dapat menggunakan lensa atau kamera yang memiliki image stabiliser (IS atau VR). Saat ini, stabiliser lensa dan kamera sudah mampu meredam shake pada kamera dengan speed yang cukup rendah.

Namun jika anda ingin mengambil foto low light dengan speed yang sangat lambat, maka penggunaan tripod sangatlah penting. Tripod akan membuat kamera anda lebih kokoh dan kurang getaran (shake), sehingga foto yang dihasilkan dapat lebih tajam lagi.

Itulah beberapa tips mengambil foto dalam kondisi low light. Semoga bermanfaat.

Add Comment