Megapiksel Kamera Handphone, Seberapa Penting?

Kamera pada handphone sekarang ini sudah menjadi fitur yang diunggulkan sebuah brand saat memasarkan produk unggulannya. Banyak kamera handphone yang menyematkan kamera mulai dari 2 megapiksel, 5 megapiksel, hingga ada beberapa produk smartphone yang menyematkan kamera hingga puluhan megapiksel. Sebenarnya, seberapa penting ukuran megapiksel pada sebuah gadget seperti smartphone?

kualitas kamera ponsel

Sebagaimana kita tahu bahwa piksel adalah satuan yang membentuk sebuah gambar, sehingga besaran megapiksel merupakan besaran yang menggambarkan berapa piksel ukuran gambar dapat terbentuk. Misalkan saja dengan kamera iPhone 5 berukuran 8 megapiksel, kita akan menghasilkan gambar dengan ukuran 3264 x 2448 pixels. Dengan ukuran tersebut, jika hanya untuk di unggah ke sosial media, atau hanya untuk dijadikan foto profil BBM, maka ukurannya sudah lebih dari cukup.

Namun untuk menghasilkan foto yang tajam dengan menggunakan smartphone, maka megapiksel bukanlah satu – satunya faktor yang harus diperhatikan. Ada beberapa hal lain yang perlu diperhatikan, seperti bukaan atau aperture dari kamera tersebut, atau jika mungkin, prosesor pengolah gambar yang dimiliki ponsel tersebut juga bisa jadi penentunya.

Sebagai contoh, lihat saja kamera ponsel Nokia Lumia yang menggunakan aperture hingga 1.9. Gambar yang dihasilkan sangat tajam dan jernih, serta mampu merekam gambar dalam kondisi pencahayaan yang minim. Bandingkan dengan kamera ponsel yang memiliki kamera dengan megapiksel besar, namun tidak menampilkan ukuran aperture yang digunakan. Namun tentu saja, smartphone dengan kualitas kamera yang baik akan memiliki harga yang relatif mahal pula.

Jadi, untuk menghasilkan foto dengan kualitas baik, maka megapiksel bukanlah satu – satunya ukuran yang harus diperhatikan. Namun jika kita ingin mencetak hasil kamera ponsel kita dalam ukuran yang cukup besar, maka megapiksel sangat berpengaruh.

Semoga bermanfaat.

Add Comment