LG Optimus 2X, Hape Dual-Core Pertama Di Indonesia

Sebagai vendor yang semakin di kenal sebagai penelur hape ‘cantik’, LG sepertinya tak ingin ketinggalan untuk ikut bersaing di kelas OS Android. Setelah sukses besar dengan LG Optimus One di kelas medium mid-end, dan kemudian menelurkan Optimus ME untuk bermain di mid-end murah, kini LG akan terjun di kelas high-end dengan LG Optimus 2X.

Seperti tampilan banyak hape Android lainnya, LG Optimus 2X ini juga mengadopsi konsep candybar yang simpel. Layar 4 inchi pada Optimus 2X terlihat begitu mencolok. Kesan luas pada tampilan juga dipermanis dengan 4 tombol sentuh (menu, home, back dan search) pada bagian bawah layar. Dibagian sudut atas, terdapat pula kamera 1.3MP yang dapat digunakan untuk video call maupun chatting.

Pada bagian belakang body, disematkan kamera 8MP disertai lampu flash. Pada cover baterai dihiasi dengan lempeng silver bertuliskan with Google. Sejujurnya, ini membuat bagian belakang Optimus 2X terlihat sangat menarik.

Pada bagian sisi body, disediakan beragam ‘ornamen’. Pada bagian atas disematkan jack audio 3.5mm, port HDMI dan juga tombol power. Pada bagian bawah, ada port microUSB yang diapit 2 lubang speaker. Sementara di sisi kanan, disediakan tombol volume yang dapat digunakan sebagai tombol zoom saat memotret.

Untuk tampilan menu, LG Optimus 2X menyuguhkan menu khas OS Android 2.2 froyo. Tampilan 16juta warna dan kerapatan 480x800piksel pada layar Optimus 2X menghasilkan warna yang jernih dan tajam. Layar sentuhnya memiliki sensitifitas yang sangat baik. Fitur gorilla glass yang disematkan membuat layar lebih tahan goresan. Tentu saja ini adalah nilai plus bagi ponsel dengan layar besar.

Sektor performance menjadi andalan yang ditawarkan LG Optimus 2X ini. Tidak main-main, LG menyematkan prosesor dual-core 1GHz ARM Cortex-A9 pada hape terbarunya ini. Ditambah ULP GeForce GPU dan Tegra 2 chipset yang digunakan, LG Optimus 2X benar-benar menjadi ‘ancaman’ serius bagi para pesaingnya.

Meski memiliki ‘dalaman’ yang wah, sayang Optimus 2X ini baru menggunakan OS Froyo. Tertinggal dari pesaingnya yang kebanyakan sudah menggunakan OS Ginggerbread. Namun demikian, pihak LG sendiri sudah menjanjikan bahwa LG Optimus 2X ini siap di upgrade ke Gingerbread. Kemungkinan dalam waktu dekat akan segera di launch updatenya.

Untuk soal kinerja, sepertinya tidak perlu dituliskan reviewnya. Dengan dukungan hardware yang wah, maka Optimus 2X sepertinya sanggup mengeksekusi berbagai aplikasi tanpa masalah. Ketersediaan memori internal sebesar 8GB cukuplah besar, dan masih bisa ditambah dengan memori eksternal hingga 32GB.

Sebagaimana khasnya Android, maka fitur internet mendapat perhatian khusus. Sokongan 3G/HSDPA serta WiFi membuat internet berasa di PC saja (hanya saja layarnya kecil ^^). Optimus 2X juga memiliki fitur tethering khas froyo, hingga anda bisa menyediakan area hotspot bagi rekan anda.

Info dari LG sendiri, LG Optimus 2X tersedia di Indonesia mulai akhir April lalu dengan banderol resmi Rp.4.999.000,-. Ini sudah termasuk bonus kabel HDMI dan hardcase. LG mengklaim jika dengan pembelian harga resmi namun tidak mendapat bonus tersebut, user bisa mengklaim hal ini ke group pusat keluhan LG di Kaskus.us.

Dengan hard-ware yang wah, dan ‘gembar-gembor’ sebagai hape dual-core pertama, sepertinya LG Optimus 2X diluncurkan untuk mengekor kesuksesan pendahulunya, Optimus One. Jika LG Optimus one berhasil meledak di kelas menengah, apakah LG Optimus 2X akan sukses merajai persaingan hape Android kelas high-end?

Add Comment