Kuota Internet Cepat Habis, Mungkin Aplikasi Ini Penyebabnya!

Penyebab Kuota Internet Android Cepat Habis

Meski disebut sebagai aplikasi mobile yang katanya sih memiliki konsumsi data lebih rendah dari versi desktop, tapi tiap aplikasi tetap saja membutuhkan konsumsi data yang berbeda-beda. Ada yang memang bisa dibilang memakan sedikit kuota, tapi ada juga yang menjadi aplikasi rakus kuota.

Sebenarnya memang harus diakui kalau borosnya kuota internet lebih kepada kebiasaan pengguna. Misalkan kamu terlalu sering melakukan streaming video di YouTube, atau juga mengunggah foto dan video ke akun media sosial. Apalagi jika ternyata karena sudah kebiasaan, hingga tanpa disadari kamu sering sekali melihat-lihat foto di instagram. Khususnya mengecek satu-persatu foto produk jualan toko online.

Namun secara umum, ada beberapa aplikasi saja yang pada rata-rata pengguna menjadi aplikasi paling boros kuota. Baik itu versi Android atau juga iOs atau iPhone. Dan berikut ini 5 aplikasi paling boros kuota internet di Android atau iPhone yang didapat dari Cnet.

aplikasi facebook android boros kuota internet

#1 Facebook
Ternyata aplikasi sosial media yang paling populer ini juga sekaligus menjadi aplikasi paling boros kuota. Rasanya wajar saja, karena saat kita mengecek Facebook, maka kamu akan melihat tidak hanya update status teman. Tapi juga foto dan video yang memakan cukup banyak kuota. Apalagi jika kamu belum mematikan fitur auto-play video pada akun Facebook kamu. Maka sudah dipastikan semua video yang ada di layar ponsel kamu secara otomatis terputar. Yang artinya, makin banyak kuota terpakai.

Selain itu, meski tidak sedang dibuka, aplikasi Facebook akan melakukan sinkronisasi pada periode tertentu. Hal ini tentu saja menambah penggunaan kuota. Jika ditambah dengan kebiasaan kamu yang rajin mengecek Facebook tiap 15 menit, lalu mengunggah foto setiap waktu, dipastikan kuota internet kamu bakal cepat habis!

#2 Twitter
Sebenarnya agak mengejutkan ketika melihat sosial media yang isinya lebih sering kicauan sepanjang 140 karakter ini berada di urutan kedua sebagai aplikasi paling boros kuota internet. Namun setelah ditelaah lagi, Twitter ternyata memiliki beberapa kesamaan dengan facebook. Yaitu adanya sinkronisasi, foto dan juga video yang auto-play. Jadi untuk menghemat data, sebaiknya matikan fitur auto-play yang ada di Twitter ini.

#3 Instagram
Tidak mengejutkan sih kalau Instagram ternyata menjadi salah satu aplikasi yang menyebabkan kuota internet cepat habis. Karakternya yang memang sebagai media sosial untuk berbagi foto dan video memang memberikan konsekuensi kebutuhan kuota bagi penggunanya.

Tapi untuk mengatasi hal tersebut, ternyata Instagram juga sudah memberikan fitur Use Less Data untuk menghemat kuota. Dengan menggunakan fitur ini, maka Instagram akan mematikan fitur auto-play dari video yang ada di timeline Instagram anda.

#4 YouTube
Untuk yang suka streaming video di YouTube, seharusnya sudah memaklumi kalau kuota internet jadi lebih cepat habis. Namun yang unik justru ternyata YouTube memakan kuota internet yang lebih sedikit dari Facebook, bahkan twitter. Padahal di YouTube, yang diakses adalah sepenuhnya video. Bagaimana bisa?

Ini dikarenakan kebanyakan mereka yang doyang mengakses YouTube ternyata sudah tahu cara menjaga kuota internet mereka. Diantaranya adalah dengan mematikan fitur autoplay dan juga membatasi resolusi video yang diputar. Perlu untuk diketahui bahwa semakin tinggi resolusi video yang kamu tonton, maka semakin besar pula kuota internet yang dibutuhkan.

#5 Spotify
Beberapa waktu lalu, pengguna gadget di Indonesia memang cukup ramai dengan kehadiran Spotify. Dengan Spotify, kita bisa streaming musik kesayangan kita secara langsung, tanpa harus mengunduh, menyimpan dan memenuhi kapasitas memori dengan lagu kesayangan kita. Dan karena asiknya mendengarkan lagu tanpa batas, tanpa sadar kuota internet kita justru jadi terkuras.

Untuk menjaga konsumsi data saat mendengarkan musik di Spotify, sebenarnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Pertama adalah dengan menjadi pengguna premium, sehingga kamu bisa mendownload lagu yang kamu suka dan menyimpannya di memori ponsel kamu. Sehingga kamu bisa mendengarkan lagu kesayangan hingga berulang kali, tanpa khawatir kuota jadi cepat habis.

Yang kedua adalah dengan membatasi kualitas streaming musik yang dilakukan. Caranya dengan masuk ke menu pengaturan yang ada pada aplikasi Spotify, lalu pilih bagian Streaming Quality. Untuk menghemat kuota internet, cukup memilih kualitas streaming pada level Normal saja.

Itulah 5 aplikasi penyebab kuota internet cepat habis, baik di Android atau di iPhone. Namun sekali lagi, tentu saja kebiasaan penggunaan lebih mempengaruhi konsumsi kuota dan kapasitas data anda. Jadi, gunakan aplikasi dan internet dengan bijak ya!