Jenis-Jenis Tas Kamera dan Tips Memilih Tas Kamera

Sebagai seorang penghobi fotografi yang sering membawa kamera DSLR dan peralatan fotografi lainnya, maka kita harus memastikan bahwa perlengkapan kita dalam kondisi yang aman. Untuk itu, maka kita membutuhkan tas yang dapat membawa semua perlengkapan kita. Namun tas itu tidak hanya yang dapat memuat semua perlengkapan kita, tapi juga dapat melindungi kamera dan memberikan kita kenyamanan.

Untuk mengatasi hal tersebut, ada jenis tas yang memang dibuat untuk membawa kamera DSLR dan perlengkapan fotografi. Jenisnya dan bahan yang digunakan juga bermacam-macam, tergantung kebutuhan pasar. Untuk itu, mari kita lihat beberapa jenis tas kamera yang populer di kalangan fotografer.

tips-memilih-tas-kamera

Tas Kamera Model Backpacks / Tas Punggung
Tas kamera model ini memiliki ukuran yang relatif besar dan dapat memuat cukup banyak gear. Biasanya, tas kamera model backpacks digunakan untuk mereka yang ingin hunting dengan perjalanan jauh, atau memiliki cukup banyak peralatan yang akan digunakan. Beberapa jenis tas kamera backpacks bahkan memiliki slot untuk laptop anda.

Tas-kamera-selempang

Tas Kamera DSLR Model Messenger
Tas model ini biasa juga dibilang model selempang. Ukurannya relatif sedang untuk memuat body kamera, 2 atau 3 buah lensa, serta aksesoris kecil lainnya. Modelnya juga cukup banyak, hanya saja karena cuma bertumpu pada satu bahu, cenderung menyebabkan rasa lelah jika beban terlalu berat.

Tips memilih tas kamera

Tas Kamera Model Slingshot
Model tas kamera ini seperti gabungan antara tas backpacks dan messenger. Jadi posisi pemakai seperti menempel dengan tubuh kita jadi tidak terguncang-guncang, namun ukurannya cukup sedang untuk membawa perlengkapan anda.

Tas Pinggang Untuk Kamera DSLR
Sebenarnya model ini cukup banyak, hanya kurang populer karena ukurannya yang kecil. Biasanya hanya cukup untuk satu buah kamera yang terpasang satu buah lensa saja. Sangat cocok jika anda membawa dua buah kamera, dan membutuhkan akses cepat jika ingin berganti-ganti kamera. Misalnya ketika anda sedang mengambil foto konser musik.

Tips Memilih Tas Kamera DSLR

Itu adalah beberapa model jenis tas kamera yang tersedia di pasaran. Namun sebelum anda memilih model tas kamera, ada juga beberapa tips yang dapat anda gunakan ketika akan membeli atau memilih tas kamera anda.

Lihat Kebutuhan Anda Akan Tas Tersebut
Saat anda membeli sebuah tas kamera, mungkin anda hanya mempertimbangkan kebutuhan saat ini. Tapi tak ada salahnya juga memperkirakan kebutuhan anda nantinya. Misalkan jika saat ini akan membeli tas slingshot karena hanya akan hunting ringan, tapi mungkin saja anda akan membutuhkan tas yang lebih besar jika anda sudah menambah perlengkapan fotografi anda dan ingin melakukan perjalanan lebih jauh.

Carilah Tas Khusus Kamera
Beberapa tas yang biasa memang muat untuk membawa kamera anda. Bahkan ada juga tas yang menyediakan slot kamera seadanya. Namun hal itu sangat riskan karena pengamanan tas seperti itu masih kurang jika dibandingkan dengan tas khusus kamera. Tas kamera biasanya memiliki sekat-sekat yang lembut dan tebal untuk melindungi perlengkapan anda dari guncangan dan benturan terhadap gear fotografi anda.

Tas Dengan Fitur Tambahan?
Jika memang dibutuhkan, ada baiknya mempertimbangkan fitur-fitur tambahan yang ditawarkan oleh tas atau toko penjual tas. Seperti rain cover khusus, karena hal ini cukup penting, apalagi untuk penggemar fotografi outdoor seperti landscape atau macro. Ada juga toko yang memberikan garansi terhadap tas yang mereka jual.

Itulah jenis-jenis tas kamera untuk fotografer serta beberapa tips untuk memilih yang sesuai dengan kebutuhan kita. Terima kasih dan semoga bermanfaat!

Add Comment