Ingin Belajar Fotografi, Pahami Hal Penting Berikut!

Belajar Fotografi: Untuk kamu yang baru saja mempelajari dunia fotografi, atau baru akan terjun ke dunia fotografi, pasti sedang asik-asinya memenuhi pikiran dengan berbagai macam pertanyaan. Entah itu tentang kamera yang terbaik untuk menunjang hobi mereka, apa yang akan dipotret, dimana mereka akan hunting objek foto dan banyak hal lainnya.

Padahal ada beberapa hal penting yang perlu diketahui sebelum kamu mulai belajar fotografi. Hal-hal ini tentu akan membantu kamu mengambil keputusan dan juga membantu proses pembelajaran kamu. Nah, berikut ini hal-hal penting yang harus diketahui seorang calon fotografer pemula!

Tips Belajar Fotografi Untuk Pemula

#1 Apa Kamera Terbaik Untuk Fotografer Pemula?
Mungkin ini adalah pertanyaan pertama yang sering kali muncul saat seseorang ingin belajar fotografi. Apa kamera terbaik yang cocok untuk pemula. Apakah merek X atau Z, apakah tipe 123 atau 456. Dan tentu saja masih banyak pertanyaan sejenis terkait merk dan tipe kamera ini.

Jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut sebenarnya sangat sederhana. Kamera terbaik untuk mulai belajar fotografi adalah kamera yang sanggup kamu beli. Baik itu DSLR, mirrorless atau kamera pocket. Semua jenis kamera tentu sangat baik untuk memulai hobi fotografi kamu. Dan tentu saja akan lebih baik jika kamu membeli kamera dan aksesorisnya tersebut tanpa harus berutang kesana-sini. Nanti bukannya kamu sibuk belajar fotografi, tapi malah sibuk memikirkan cara membayar utang tersebut!

Baca Juga: Tips Memilih Kamera Yang Tepat

#2 Mau Beli Kamera? Lakukan Riset!
Jangan malas. Itu salah satu kunci untuk mendapatkan kamera terbaik yang bisa kamu miliki. Sekarang sudah banyak cara untuk mendapatkan informasi tentan perlengkapan fotografi di internet. Kamu bisa mencari review produk dan spesifikasi dari berbagai kamera yang masuk dalam budget dan kategori kebutuhan kamu. Akan lebih mudah jika kamu bisa menonton video Youtube yang menyajikan review produk secara lengkap.

Selain itu, tidak salah pula kalau kamu main-main ke toko kamera untuk sekedar melihat bentuk kamera incaran kamu secara langsung. Atau jika memungkinkan, cari teman di komunitas yang memiliki kamera idaman kamu. Minta izin untuk mencoba langsung kamera tersebut.

#3 Bergabunglah di Forum Fotografi Untuk Belajar!
Saat ini ada banyak media untuk belajar fotografi yang bisa kita ikuti. Salah satunya adalah dengan bergabung di forum para fotografer dan penghobi fotografi. Forum seperti ini banyak bisa kamu temui di internet.

Hanya saja yang perlu diperhatikan adalah kamu bergabung di forum tersebut untuk belajar fotografi dan mencari masukan atas proses pembelajaran yang kamu lakukan. Misalkan menanyakan hal terkait teknis dan non teknis fotografi, menunjukkan hasil foto untuk mendapat kritik dan masukan serta sejenisya.

Jadi hindari forum fotografi yang hanya sibuk berdebat tentang kamera dan aksesorisnya daripada berbagi ilmu fotografi. Hal ini justru akan membuat kamu mandek dan sibuk melihat kamera dan perlengkapan fotografi yang wah daripada mulai belajar cara menggunakannya dengan baik!

#4 Perlengkapan Fotografi Itu Penting, Tapi…
Ada banyak perlengkapan fotografi yang bisa kamu beli. Misalkan berbagai jenis lensa mulai yang fix, wide atau tele, flash eksternal, berbagai jenis filter, tripod, monopod dan masih banyak lainnya. Dan tentu saja kamu akan membutuhkan aksesoris-aksesoris untuk menunjang hobi kamu.

Tapi sebelum kamu membeli semua aksesoris tersebut, pahami dulu kebutuhan kamu. Misalkan kamu merasa kesulitan saat mengambil foto low-light, maka mulai pertimbangkan antara membeli lensa dengan bukaan besar atau membeli flash eksternal. Jadi jangan asal beli, lalu kemudian barang tersebut jarang terpakai. Akhirnya hanya menjadi barang simpanan di lemari atau dry-box.

#5 Ingin Foto Bagus? Banyaklah Memotret!
Seringkali banyak ditemui orang yang berhenti menekuni hobi mereka karena merasa gagal dan tidak berbakat. Pun demikian di dunia fotografi. Banyak pemula yang kemudian berhenti karena menurutnya, mereka tidak bisa membuat foto bagus. Foto yang mereka hasilkan tidak pernah sebaik yang mereka bayangkan, atau seperti master-master fotografi ternama.

Padahal dari foto yang mereka anggap kurang bagus itu, mereka bisa belajar banyak tentang kekurangannya. Apa yang membuatnya kurang bagus dan bagaimana memperbaiknya agar lebih bagus lagi. Evaluasi dan terus mengambil foto akan melatih kemampuan serta insting untuk menghasilkan foto yang lebih bagus lagi.

Selain itu, foto bagus itu sifatnya subjektif. Tergantung dari siapa yang melihat saja. Memang tidak ada salahnya untuk membuat foto bagus dengan meniru yang dilakukan master-master fotografi. Namun lakukan itu sebagai proses pembelajaran. Suatu saat, kamu bakal menemukan foto bagus dengan style kamu sendiri.

Baca Juga: Cara Membuat Foto Slow Speed Untuk Pemula

#6 Kamera Dan Perlangkapan Mahal = Hasil Foto Yang Bagus?
Ini adalah pemikiran salah yang sering ada di benak mereka yang baru masuk ke dunia fotografi. Pasti sering mendengar kalimat “Iya hasilnya bagus, kameranya mahal tuh!”. Padahal foto yang bagus, versi siapapun, dipengaruhi oleh banyak faktor. Mulai dari objek, momen, komposisi, pencahayaan dan banyak lagi. Jadi kamera dan perlengkapan yang mahal tidak secara otomatis menjadikan kamu seorang fotografer professional dan jago membuat foto bagus!

#7 Pelajari Software Digital Fotografi
Saat ini sudah ada banyak pula software atau aplikasi untuk melakukan olah foto digital. Ketika kamu mulai belajar tentang dunia fotografi, maka mulai juga untuk belajar dunia olah digital foto. Hal ini penting untuk membantu kamu mengoptimalkan foto yang kamu hasilkan. Tapi tentu saja tidak secara berlebihan yang justru merubah esensi foto yang kamu hasilkan.