Fotografi dan Kelebihan Fotografi Digital

Fotografi dan kamera sepertinya tidak lagi sekedar menjadi alat atau sarana mengabadikan momen. Saat ini fotografi sudah lebih mengarah ke hobi, bahkan menjurus ke gaya hidup. Hal ini terlihat dari menjamurnya perkembangan pemakai dan penikmat alat fotografi di sekitar kita.

Pada dasarnya, fotografi berasal dari bahasa Yunani, yaitu photos yang berarti cahaya dan graphein yang berarti menggambar. Jadi dapat disimpulkan, fotografi adalah proses menggambar sebuah momen dengan menggunakan cahaya. Ya, meski terdengar rumit, fotografi saat ini telah menjadi hobi yang menjamur.

Pada awalnya proses “menggambar dengan cahaya” ini dimediasikan oleh sarana yang dahulu populer dengan sebutan ‘film’. Namun saat ini fotografi digital seperti telah menjadi puncak perkembangan fotografi. Dengan banyak keuntungannya, fotografi digital telah mencuri perhatian para pecinta fotografi.

Fotografi digital telah membuat proses terciptanya sebuah foto menjadi lebih sederhana. Dahulu proses fotografi dengan film base membutuhkan beberapa proses sebelum akhirnya hasil foto dapat dinikmati. Namun dengan fotografi digital, hasil foto dapat langsung dinikmati melalui LCD kamera ataupun layar komputer. Dan media penyimpanan yang dahulu menggunakan roll film, kini sudah tergantikan oleh kartu memori yang lebih kecil, namun kapasitasnya lebih besar.

Proses yang dilalui sebuah foto, mulai dari diambil hingga dicetak pun menjadi lebih singkat. Fotografi digital yang tidak memerlukan proses kamar gelap pun membuat pemakaian bahan kimia berkurang. Hal ini tentu saja membuat fotografi digital menjadi lebih ramah lingkungan. Bahkan, foto digital dapat dicetak melalui printer biasa.

Meski memiliki berbagai keuntungan, namun fotografi film bukanlah sepi peminat. Komunitas pecinta kamera analog dan film sepertinya masih sangat mencintai metode film base. Memang, suka atau tidak, kamera film memiliki pecinta tersendiri.

Namun jika anda bertanya mana yang lebih baik, fotografi digital atau analog, maka pertanyaan itu lebih cocok jika ditanyakan ke diri anda sendiri.

Add Comment