Fitur Dan Keunggulan OS Android Versi Gingerbread 2.3

Ponsel dengan OS Android sepertinya memang sedang menjadi trend dikalangan pecinta gadget. Tengok saja puluhan jenis ponsel berbasis Android ini bertebaran di pasar ponsel. Persaingan tak hanya terjadi di kelas smartphone high-end, bahkan kelas middle-low pun tak luput dari serangan si Robot Hijau ini.

Pada perkembangannya, Google selaku pemilik Android terus melakukan inovasi. Hal ini mereka lakukan untuk menyempurnakan OS mereka ini. Dan ini terus berjalan, hingga akhirnya Google melepas OS Android versi 2.3 ke pasaran, atau lebih dikenal dengan sebutan OS Android Gingerbread.

Google mengklaim bahwa Gingerbread ini akan memberikan terobosan baru bagi para penggunanya. Beberapa fitur akan dibuat untuk menyempurnakan seri sebelumnya. Gingerbread juga disebut akan memudahkan para user dan pengembang. Lalu apa saja kelebihan OS Android rasa roti jahe ini?

Gingerbread dijanjikan akan menyajikan tampilan dan manajemen gadget yang lebih user-friendly. Beberapa perubahan pada menu dilakukan untuk membuat struktur menu menjadi lebih simpel.

Keyboard virtual juga tak luput dari sentuhan penyempurnaan. Perubahan beberapa letak tombol dilakukan, dan keyboard virtual ini akan support multi-touch pula. Bahkan untuk memudahkan pengetikan dan pengeditan, ditambahkan pula fitur seleksi kata menggunakan kursor, seperti yang dapat dilakukan di komputer.

Untuk manajemen sistem Android, hanya dilakukan sedikit penyempurnaan. Gingerbread akan lebih ‘pintar’ dalam mengelola aplikasi yang berjalan. Aplikasi yang terlalu lama berjalan di background dan mengkonsumsi banyak memori akan dinon-aktifkan secara otomatis oleh sistem. Hal ini akan membuat daya konsumsi baterai menjadi lebih awet.

Fitur yang paling ditunggu dari pengembangan Android tampaknya adalah penggunaan kamera depan pada ponsel. Selama ini, kamera depan pada hape berbasis Android hanya digunakan sebagai mirror dan beberapa untuk keperluan chatting. Pada seri Gingerbread ini, kamera depan dapat dioperasikan untuk panggilan video melalui jaringan 3G.

Dengan dilepasnya ponsel yang mengusung OS Android Gingerbread 2.3, dapat dipastikan persaingan akan bertambah meriah. Fitur yang dahulu menjadi kelemahan seperti tidak adanya video call, akhirnya sudah disempurnakan. Sepertinya Android akan terus menjadi ‘raja’ selama beberapa tahun kedepan.

3 Comments

  1. fay November 21, 2011
  2. Lukisan Abstrak Minimalis April 14, 2012
  3. yadi cool September 2, 2012

Add Comment