Cara Memotret Kembang Api Dengan Kamera Ponsel

Memotret kembang api memang menjadi salah satu hal yang cukup menarik. Apalagi pada moment dan acara tertentu, seperti perayaan pergantian tahun baru, kembang api menjadi daya tarik yang sangat menarik untuk diabadikan. Namun untuk mengabadikannya, kebanyakan orang memang menggunakan perlengkapan yang cukup komplit. Misalkan saja kamera DSLR dan juga tripod.

Namun untuk anda yang tak memiliki kamera DSLR, jangan khawatir. Kamera ponsel belakangan ini semakin memiliki fitur yang baik. Jadi dengan beberapa tips dan cara, anda juga dapat merekam pesta kembang api menggunakan kamera smartphone. Meski hasilnya tentu tak sedramatis dengan kamera DSLR. Tapi, dengan cara yang tepat, hasilnya akan cukup memuaskan.

tips memotret kembang api android

Cara Memotret Kembang Api

Matikan HDR dan Lampu Flash
Fitur HDR dan penempatan lampu flash pada kamera ponsel memang cukup membantu. Namun dalam kasus memotret kembang api, kedua fitur tersebut tidak dibutuhkan. Maka dari itu, periksa settingan kamera ponsel anda untuk memastikan kedua fitur tersebut tidak aktif. Setingan lain yang jika dimiliki sebaiknya diaktifkan adalah image stabiliser dan setting image dalam kualitas terbaik.

Gunakan Aplikasi Tambahan
Untuk membantu proses pengambilan gambar pada malam hari yang sangat minim cahaya, maka disarankan untuk menggunakan aplikasi tambahan. Beberapa aplikasi tambahan yang mungkin dapat digunakan adalah Camera Cortex (iDevice) dan juga Camera Night (Android).

Atau jika memang anda ingin menggunakan aplikasi lain, tidak masalah. Yang penting aplikasi kamera tersebut mempunyai fitur slow shutter, baik dalam pengambilan foto malam hari serta memiliki fitur burst mode.

Gunakan Tripod Mini
Pengambilan foto pada kondisi gelap, atau malam hari, serta untuk mengambil objek pesta kembang api akan menggunakan shutter yang cukup lambat. Jika anda merasa tidak mampu untuk ‘stay still’ selama merekam gambar kembang api yang kurang lebih 3 hingga 5 detik, maka ada baiknya anda menggunakan tripod. Dengan demikian, gambar yang dihasilkan nantinya bisa lebih tajam.

Low ISO, Slow Shutter dan Burst Mode
Untuk hasil yang maksimal, pastikan sebelum mengambil gambar anda sudah melakukan setting ISO ke angka 400 untuk menghasilkan foto dengan noise yang tidak terlalu banyak. Lalu gunakan slow shutter sekitar 5 detik, dengan cara ini anda dapat merekam pergerakan ledakan kembang api yang terjadi. Dan terakhir, gunakan burst mode agar anda dapat merekam lebih banyak gambar dalam sekali eksekusi. Sehingga anda memiliki banyak pilihan untuk tahu mana foto yang terbaik.

Add Comment