Cara Membuat Latar / Background Foto Menjadi Blur

Cara buat foto background blur lensa kit

Tips Fotografi Pemula: Saat melihat hasil foto di internet, khususnya foto portrait atau model, sering kita melihat foto dengan objek yang fokus dan latar atau background yang menjadi blur. Dan sering kali kita bertanya, ‘gimana sih cara membuat background foro menjadi blur?’. Lalu mungkin pertanyaan lainnya adalah apakah foto tersebut bisa dibuat dengan menggunakan lensa kit?

Sebenarnya membuat background foto menjadi blur saat mengambil foto portrait bisa dilakukan dengan lensa apapun. Walau mungkin hasilnya tergantung dengan jenis lensa yang digunakan. Namun secara mendasar, berikut ini beberapa langkah cara membuat foto portrait dengan background blur.

Baca juga: Cara Membuat Foto Bokeh

#1 Gunakan Zoom Lensa Pada Titik Maksimal
Focal length lensa sangat mempengaruhi untuk membantu anda menghasilkan foto dengan latar belakang yang blur. Jika menggunakan lensa kit 18-55mm, maka set lensa kamu dan letakkan pada titik 55mm. Demikian juga dengan lensa lain seperti zoom maksimal 105mm pada lensa 18-105mm.

Namun jika anda punya lensa dengan range yang lebih panjang, tidak harus menggunakan zoom pada titik maksimal sepenuhnya. Misalkan pada lensa zoom 55-250mm. Untuk kebutuhan foto portrait sendiri, disarankan untuk menggunakan zoom di rentang 85 sampai 135mm. Walau memang jika menggunkan zoom 250mm, maka lebih mudah menghasilkan foto blur pada background.

#2 Letakkan Objek Sejauh Mungkin Dari Latar / Background
Jika ingin mendapatkan foto dengan background yang blur, maka usahakan letak objek foto atau model foto berada jauh dari background. Jarak objek terhadap background sendiri harus lebih jauh dibandingkan dengan jarak objek foto dengan kamera.

#3 Gunakan Aperture Paling Besar
Langkah terakhir adalah dengan menggunakan bukaan lensa atau aperture pada titik terbesarnya. Atau dengan kata lain gunakan f pada angka terkecil yang bisa diraih lensa. Jika menggunakan lensa kit 18-55mm f/3.5-5.6, maka bukaan terbesar yang bisa diperoleh pada zoom FL 55mm adalah f/5.6.

Baca juga: Apa itu aperture dalam fotografi

Setelah semua langkah tersebut dilakukan, cobalah ambil foto dan lihat hasilnya. Namun jika hasilnya masih kurang memuaskan, maka disarankan agar kamu mencoba untuk menggunakan lensa dengan bukaan yang lebih besar. Seperti lensa 135mm f/2 atau 50mm f/1.8. Dengan demikian kamu bisa mendapatkan foto dengan background blur yang lebih maksimal.

Selamat mencoba!