Cara Blok Akses Internet Untuk Aplikasi Android Tertentu

Smartphone android memang memungkinkan kita untuk mengakses internet secara terus menerus. Bahkan sebagian besar aplikasinya juga terus terkoneksi dengan internet saat sedang digunakan. Khususnya untuk aplikasi atau game gratisan yang memunculkan iklan di layar tampilannya. Belum lagi jika kemudian aplikasi tersebut mengunduh konten tanpa kita ketahui, yang sebenarnya tidak kita inginkan. Ini akan menghabiskan kuota dengan cepat.

Untuk masalah iklan, akan semakin menyebalkan jika kemudian iklan tersebut secara tidak sengaja tersentuh. Beberapa iklan secara otomatis akan membuat kamu terdaftar dengan program SMS premium berbayar yang sulit untuk dihentikan. Akibatnya, pulsa kamu juga ikut terpotong hingga habis.

Untuk mengatasi masalah-masalah tersebut sebenarnya cukup mudah dilakukan. Caranya adalah dengan membatasi atau bahkan menutup akses internet untuk aplikasi yang tidak kita inginkan dapat mengaksesnya. Untuk melakukannya, berikut ini beberapa cara dan aplikasi yang bisa kamu coba.

Cara Blokir Akses Internet Aplikasi Android

#1 Memanfaatkan Fitur Bawaan Android
Pembatasan akses internet sebenarnya sudah tersedia dalam fitur setting pada sistem OS Android. Caranya adalah dengan masuk menu Setting (Setelan), lalu pilih menu Data Usage (Penggunaan Data). Di halaman ini kemudian akan terlihat aplikasi apa saja yang memiliki konsumsi data internet. Pilih aplikasi tersebut kemudian matikan permission atau izin untuk mengakses internet.

#2 Aplikasi NetGuard
Jika ingin lebih mudah, mungkin kamu bisa mencoba beberapa aplikasi yang terdapat di Play Store. Salah satunya adalah NetGuard. Aplikasi ini dapat memblokir akses internet pada aplikasi yang ada di hape Androi kamu dengan cara yang lebih sederhana. Setelah kamu mengunduh dan menginstal aplikasi NetGuard, maka kamu dapat membukanya dan melihat daftar aplikasi apa saja yang memiliki hak akses ke internet. Selanjutnya kamu tinggal melakukan pengaturan saja.

#3 NoRoot Firewall
Sama seperti aplikasi NetGuard di atas, NoRoot Firewall juga memiliki fungsi yang kurang lebih sama yaitu untuk memonitor dan membatasi akses internet dari aplikasi-aplikasi yang ada di ponsel android kamu. Dengan NoRoot Firewall, kamu dapat melihat aplikasi apa saja yang tengah berjalan dan melihat lalu lintas data yang keluar masuk. Selain itu, tentu saja kamu dapat melakukan kontrol untuk memberikan atau membatasi hak akses internet pada aplikasi-aplikasi tersebut.

Itulah cara dan beberapa aplikasi yang dapat kamu coba untuk dapat membatasi atau memblokir internet pada aplikasi android tertentu. Semoga bermanfaat.