Canon Mulai Pasarkan Dua Lensa Wide Terbaru

Lensa Wide Terbaru Canon – Untuk penyuka fotografi landscape, mungkin memiliki lensa wide adalah sebuah keinginan dan jadi kebutuhan. Meski tidak keharusan, menurut teman yang penyuka landscape photography, mengambil foto dengan lensa wide itu bisa menangkap gambar yang lebih luas. Selain itu, efek distorsi dari lensa wide seperti memiliki sesuatu yang khas dan memberikan nuansa tersendiri dari foto yang dihasilkan.

Untuk pengguna kamera DSLR Canon, sekarang pilihan untuk memiliki lensa wide semakin bertambah. Hal ini dikarenakan beberapa waktu yang lalu Canon baru saja merilis dua lensa wide terbaru mereka. Kedua lensa tersebut adalah EF 16-35mm f/4L IS USM dan EF-S 10-18mm f/4.5-5.6 IS STM.

lensa wide canon terbaru

Lensa Wide Canon EF 16-35mm f/4L IS USM sepertinya akan menjadi versi ekonomis dari lensa EF 16-35 f/2.8L yang sudah lebih dulu memiliki nama besar. Hal ini terlihat dari kesamaan range FL yang dimiliki kedua lensa tersebut. Hanya saja, untuk versi terbaru ini Canon menggunanakan aperture f/4. Biasanya, lensa yang sama dengan angka aperture yang lebih besar akan memiliki harga yang lebih murah.

Namun lensa Canon 16-35mm yang baru ini sudah menggunakan optik Canon terbaru yang tersusun dari dari tiga buah (Glass-Molded) GMo elemen lensa aspheric, dan ditambah dengan sebuah lensa aspheric dengan diameter besar. Teknologi ini diklaim oleh Canon dapat meningkatkan kualitas gambar dengan mengkoreksi aberasi.

Lensa wide kedua yang dirilis oleh Canon adalah lensa wide Canon EF-S 10-18mm f/4.5-5.6 IS STM. Dari kode EF-S yang digunakan, sudah terlihat bahwa lensa ini diperuntukkan untuk kamera DSLR Canon di kelas APS-C atau bukan full frame. Kemungkinan lensa wide ini dirilis untuk menjadi pengganti, atau pilihan setelah lensa Canon 10-22mm yang sudah lama beredar di pasaran. Kode STM di belakang lensa menjelaskan penggunaan Stepping Motor yang mengatur pergerakan fokus lensa. Canon mengklaim dengan STM, pergerakan fokus akan lebih cepat dan lebih halus.

Dari berbagai sumber menyebutkan bahwa kedua lensa ini sudah siap dipasarkan. Kabarnya, lensa EF 16-35mm f/4L IS USM akan dibanderol seharga USD 1.199. Sedangkan EF-S 10-18mm f/4.5-5.6 IS STM akan dilepas dengan harga USD 299,99.

Bagaimana, berminat memiliki lensa wide baru?

One Response

  1. Ahmad August 23, 2014

Add Comment