Canon EOS M10, Kamera Mirrorless Low-End?

Kamera terbaru: Akhir tahun 2015 lalu, Canon memperkenalkan kamera mirrorless terbaru mereka dengan seri EOS M10. Diproyeksikan menjadi penerus dari mirrorless sebelumnya, EOS M3, kamera ini membawa perubahan yang cukup menarik.

Salah satunya adalah dengan membawa desain yang lebih modern dan fashionable. Tidak terlihat sudut-sudut tajam pada desain kamera mirrorless terbaru Canon ini. Mungkin bisa dibilang, desain yang diusung jadi lebih mengingatkan dengan kamera pocket yang ada pada umumnya. Hanya saja, ini kamera mirrorless yang dapat diganti-ganti lensanya. Dengan desain yang cenderung ‘mini’, kamera ini sepertinya cocok untuk dibawa travelling, dokumentasi para blogger tanpa harus membawa kamera yang besar dan untuk food photography atau food blogger untuk dapat mengambil foto hidangan tanpa harus menarik perhatian pengunjung lainnya.

Review Harga Kamera Terbaru Canon M10

Dari spesifikasi hardware, Canon sepertinya terus mencoba memberikan yang terbaik untuk kamera mirrorless yang disebut berada di kelas ‘low-end’ ini. Kamera mirrorless Canon EOS M10 dibekali dengan sensor APS-C CMOS berkekuatan 18MP. Sedangkan untuk image processor sudah menggunakan prosesor DIGIC 6. Dengan perpaduan tersebut, EOS M10 disebut mampu bekerja secara optimal untuk menghasilkan gambar terbaik. Bahkan disebut jika hasil gambar dalam kondisi low-light seperti cityscape dapat terekam dengan baik meskipun diambil dengan mode P atau auto yang dapat dilakukan oleh siapa saja!

Mengikuti trend perkembangan kamera terkini, Canon juga tidak mau ketinggalan untuk membuat kamera terbaru mereka ini menjadi semakin ‘kekinian’. Beberapa diantaranya adalah sudah tersedianya LCD yang dapat diputar 180 derajat untuk memudahkan pengguna mengambil foto selvie tau membuat vlog. Layar ini juga dikatakan sudah mengadaptasi teknologi layar sentuh yang sensitif agar membuat operasional menjadi lebih familiar seperti bermain pada layar smartphone. Sektor konektifitas juga turut dilengkapi dengan adanya fitur WiFi dan juga NFC.

Bicara soal kebutuhan membuat video atau vlog untuk para blogger, kamera Canon EOS M10 ini dapat dipergunakan untuk merekam video dengan kualitas Full HD. Walaupun video yang dihasilkan hanya bermain di 30 fps, namun demikian rasanya sudah cukup jika hanya untuk keperluan dokumentasi pribadi atau membuat video untuk diunggah ke YouTube.

Harga Kamera Mirrorless Terbaru Canon EOS M10

Dalam penjualannya, Canon juga menawarkan kamera EOS M10 yang sudah dibanderol dengan lensa kit 15-45mm IS STM. Dengan range tersebut, rasanya lensa kit sudah cukup untuk mengakomodir kebutuhan-kebutuhan fotografer hobi seperti landscape, cityscape, food photography, kebutuhan blogging atau sekedar dokumentasi dan juga foto selfie. Bisa dibilang, lensa ini cukup all-around selama anda tidak membutuhkan lensa untuk kebutuhan khusus seperti super-wide untuk landscape atau tele-zoom untuk melakukan candid.

Dari berita peluncurannya lalu, harga kamera mirrorless Canon ini disebutkan berada di angka 6 jutaan. Sayangnya angka tersebut hanya untuk penjualan body only, tanpa lensa kit. Untuk yang tidak mau ribet, dengan harga segitu tentu anda dapat mempertimbangkan untuk meminang kamera poket Canon yang berfitur cukup lengkap seperti seri Canon G7X atau G9X. Namun jika anda ingin memiliki kamera berukuran pocket yang dapat berganti-ganti lensa sesuai kebutuhan, maka kamera Canon EOS M10 ini wajib untuk dipertimbangkan.