Belajar Memotret Landscape Di Pantai

Untuk saya yang memiliki minat dengan fotografi landscape, mungkin pantai adalah salah satu spot favorit untuk saya dan mungkin banyak fotografer yang masih pemula. Hal ini dikarenakan pemandangan di pantai terlihat lebih luas, dan memungkinkan saya untuk mengeksplor dengan kreatifitas saya yang masih terbatas. Walaupun sampai saat ini saya masih belum bisa menghasilkan foto pantai yang menarik, entah kenapa.

Keasikan memotret landscape pantai buat saya adalah selain untuk hunting foto, pantai jadi tempat yang baik untuk mempraktekkan berbagai ilmu foto landscape. Hal ini dikarenakan hampir setiap sudut dari pantai dapat di eksplore, mulai dari foreground, background, belajar komposisi, hingga mencoba tekhnik slow speed. Tapi ada pula beberapa tips agar kita dapat memperoleh hasil yang lebih baik lagi dalam pembelajaran kita untuk belajar foto landscape di pantai.

tips fotografi landscape pantai

Pemilihan Waktu Yang Tepat
Foto landscape di pantai juga sama dengan landscape lainnya, sangat terpengaruh oleh pencahayaan. Oleh karena itu, memilih waktu yang tepat adalah tips utama agar anda mendapat pencahayaan yang terbaik. Berdasarkan tips dan sharing dengan rekan-rekan saya yang sudah lebih cakap, waktu paling tepat memotret di pantai adalah saat matahari agak condong. Sehingga kita akan mendapat side light, dan tidak terlalu keras.

Jika kita ingin memotret di pantai yang belum kita kenal, maka datanglah lebih awal sebelum waktu terbaik tersebut. Tujuannya agar kita dapat mencari spot-spot yang kita sukai, serta mempelajari ada kegiatan atau momen apa saja di pantai tersebut. Misalkan arah sunrise, sunset atau kegiatan nelayan di pantai.

tips komposisi foto landscape

Praktekkan Ilmu Komposisi
Dalam landscape, komposisi adalah hal yang penting untuk diperhatikan. Pilih foreground dan background anda dengan baik, kemudian perhatikan juga rule of third. Hal ini bertujuan agar foto yang anda hasilkan tidak terlihat kaku.

Ada hal menarik dari beberapa teman juga, yaitu pelajari komposisi sebaik mungkin, agar saat kita memilih komposisi untuk foto landscape di pantai tersebut dapat kita langgar. Yups, improvisasi dan melanggar aturan rule of third dalam komposisi foto landscape terkadang menciptakan foto yang sangat menarik!

Sejujurnya, komposisi adalah hal yang paling sulit untuk saya pahami. Mungkin ini adalah salah satu alasan kenapa saya sampai sekarang tidak pintar-pintar dalam hal fotografi 🙁

belajar fotografi landscape

Bawa Perlengkapan Tambahan
Memotret di pantai itu gampang-gampang susah. Ketika kita memilih foreground dan background, maka akan ada pencahayaan yang berbeda antara keduanya. Untuk itu kita memerlukan tambahan filter GND, atau juga tambahan filter CPL jika kita ingin meningkatkan contrast pada objek. (baca filter untuk fotografi landscape)

Atau bisa juga ketika kita ingin mencoba foto slow speed, maka kita memerlukan tambahan filter ND dan tripod. Maka dari itu ketika anda akan menuju pantai, jangan lupa untuk membawa perlengkapan-perlengakapan tambahan tersebut.

Mungkin itu saja beberapa tips foto landscape di pantai yang dapat saya tuliskan di sini. Mungkin saya sendiri belum bisa mempraktekkannya dengan baik, tapi semoga saja teman-teman yang membaca post ini dapat menghasilkan foto yang baik. Kalau berhasil, jangan lupa di share di sini ya. Semoga bermanfaat!

note : foto dalam post ini adalah koleksi rekan saya, Taufik Rahman yang saya pergunakan dengan izin beliau 🙂

2 Comments

  1. mawi wijna February 28, 2014
    • admin February 28, 2014

Add Comment