Belajar Komposisi Foto Landscape

Komposisi adalah unsur yang sangat penting ketika akan mengambil objek foto. Dengan komposisi yang tepat, maka foto akan terlihat lebih dinamis serta lebih mudah untuk dinikmati. Karena itu, ketika akan mengambil sebuah foto, perhatikan letak – letak objek dalam frame anda.

Begitu pula dengan foto landscape, komposisi serta penempatan objek yang tepat akan menghasilkan foto yang lebih baik. Hasil foto nantinya dapat lebih terlihat sebagai ruang yang dapat dinikmati, tidak menjadi foto dengan objek yag penuh dan terlihat bertumpuk.

Untuk itu, ketika saya membaca di berbagai sumber, ada beberapa tips agar anda dapat mengatur komposisi foto landscape anda dengan lebih baik.

tips komposisi foto landscapekoleksi foto Taufik Rahman

Pahami Aturan Rule of Third
Rule of third adalah aturan yang membagi objek foto menjadi 3 bagian vertikal, dan 3 bagian horizontal. Cara ini dapat dilakukan dengan membayangkan ada garis imajiner ketika anda menempatkan objek foto di viewfinder. Namun beberapa jenis kamera sudah mempermudah anda untuk menggunakan aturan ini, karena mereka sudah menyiapkan garis rule of third di viewfinder kamera mereka.

Ketika anda akan mengambil foto dengan rule of third untuk foto landscape, anda dapat membagi 3 objek foto anda. Yang pertama adalah dengan menghindari penempatan objek foto pada bagian tengah foto. Hal ini akan menyebabkan apa yang disebut dead center. Memang tidak ada yang salah, namun jika objek foto terpusat di tengah, orang yang melihat cenderung malas untuk mengeksplor keseluruhan foto anda.

Kemudian cobalah untuk membagi porsi antara langit dan daratan. Berikanlah 2/3 bagian foto kepada salah satu objek, entah itu langit atau daratannya. Biasanya, orang akan memilih objek dengan tingkat ‘dramatis’ tinggi yang mendapat porsi lebih banyak. Misal ketika bentuk awan sangat indah,atau langit biru yang cerah, maka langit dapat anda berikan porsi 2/3 bagian dari foto.

tips komposisi foto landscapefoto koleksi Taufik Rahman

Carilah Focal Point Dalam Foto
Sebuah foto pemandangan akan terlihat membosankan jika hanya terdiri dari foto gunung atau foto pantai saja. Untuk membuat foto terlihat lebih menarik dan memiliki isi, cobalah mencari sebuah titik yang bisa mencuri perhatian penikmat foto. Biasanya titik ini disebut juga sebagai Focal Point.

Focal point bisa berupa apa saja, bisa perahu, orang bahkan pohon. Intinya, focal point adalah titik dimana orang akan mengamati foto tersebut, baru kemudian mengeksplor seluruh isi foto anda.

Itu adalah beberapa tips komposisi foto landscape. Sebenarnya masih banyak lagi tips untuk komposisi foto landscape, anda dapat membaca salah satu artikel paling favorit para fotografer landscape, yaitu Tips Fotografi Landscape Yadi Yasin.

Semoga bermanfaat.

Add Comment