Beberapa Penyebab Hasil Foto Kurang Tajam

Tips Fotografi Pemula – Salah satu masalah yang sering ditemui pemula dalam fotografi salah satunya adalah hasil foto yang kurang tajam. Biasanya hasil foto dianggap masih terlihat seperti blur, kurang tajam atau objek terlihat kurang kontras dan terpisah dengan objek lain di sekitarnya. Untuk masalah itu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yang mungkin menjadi penyebab foto kurang tajam tersebut. Berikut ini beberapa diantaranya.

Shutter Speed Terlalu Lambat
Salah satu penyebab utama foto tampak blur atau kurang tajam adalah karena shutter speed atau kecepatan rana yang masih terlalu lambat. Menurut beberapa artikel dan fotografer yang berpengalaman, kecepatan shutter setidaknya lebih cepat dari panjang dari focal length lensa yang kita gunakan. Misalnya jika kita menggunakan lensa dengan ukuran FL 50mm, maka usahakan speed yang kita gunakan adalah 1/60 atau lebih cepat. Jika kita menggunakan lensa FL 200mm, maka setidaknya kita membutuhkan speed 1/250. Jika kita tidak bisa menggunakan shutter speed cepat, maka dianjurkan menggunakan tripod, monopod atau juga lensa yang memiliki fitur IS / VR.

penyebab hasil foto kurang tajam

Sweet Spot Lensa?
Ada istilah dalam bukaan lensa DSLR yang biasa disebut sweet spot. Biasanya, sweet spot ini adalah posisi bukaan aperture dimana hasil foto yang diperoleh dalam titik yang paling baik. Hal ini tidak mutlak, namun banyak fotografer yang menerapkan hal ini. Sebagai contoh, jika kita menggunakan lensa dengan bukaan terbesarnya adalah f/1.8, maka biasanya bukaan terbesar itu bukanlah sweet spotnya. Untuk dapat memperoleh hasil terbaik, coba naikkan sedikit bukaan lensa 1 atau 2 stop. Contohnya coba gunakan di bukaan f/2 atau f/2.8.

Kualitas Cahaya Yang Baik
Inti dari fotografi adalah cahaya. Pemanfaatan dan membaca cahaya dengan baik akan sangat membantu untuk menghasilkan foto yang tajam. Foto tajam dapat berarti foto yang benar-benar terlihat crisp, atau kondisi kontras pencahayaan yang membantu memisahkan area terang dengan area yang gelap. Apapun definisinya, kondisi dan arah cahaya yang tepat akan membantu menghasilkan foto anda dengan lebih tajam.

Penggunaan ISO Tinggi
Penggunaan ISO tinggi biasanya dilakukan orang untuk mengejar shutter speed yang lebih cepat. Hal ini justru akan menimbulkan noise yang meredam ketajaman foto. Sekarang ini sudah banyak pabrikan kamera yang melabeli kameranya mampu meredam noise pada ISO tinggi. Namun tetap saja, ISO tinggi akan menghasilkan noise. Secara keseluruhan noise inilah yang akan mengurangi detail dan ketajaman pada foto.

Itulah beberapa penyebab hasil foto kurang tajam yang mungkin saja dialami oleh pemula. Semoga bermanfaat.

Add Comment